Cara Melihat Mobile Friendly Blog

Semakin berkembangnya teknologi mobile saat ini, membuat Google sebagai raksasa mesin pencarian nomer satu di dunia membuat algoritma baru untuk mengutamakan blog/website dengan template mobile friendly di dalam optimasi mesin pencariannya. Untuk itu, buat kalian yang memiliki blog namun belum mobile friendly, sebaiknya segera dibenerin biar nggak ketendang jauh sama blog-blog lain yang lebih mobile friendly.

Ngomong-ngomong soal mobile friendly, seperti apa sih blog yang mobile friendly itu?

Sebuah blog yang mobile friendly adalah apabila blog tersebut diakses melalui media yang lebih kecil dari layar komputer, misalnya tablet, smartphone ataupun handphone konvesional, tampilan blog tersebut akan menyesuaikan dengan ukuran layar. Jadi sangat memudahkan pengguna smartphone untuk mengakses blog kalian. Karena template yang tidak mobile friendly biasanya sangat ribet kalau diakses dari smartphone, harus scroll kanan kiri dan sebagainya. Sehingga pengunjung akan malas dan segera menutup halaman blog kalian.

Gimana dong biar blog saya bisa mobile friendly?

Ada cara yang ribet dengan mengubah beberapa kode di HTML dan CSS pada Blogger, tapi buat kalian yang nggak seberapa ngerti caranya, atau nggak mau ribet, ada cara yang lebih gampang kok. Saat ini banyak banget template gratisan yang sudah responsive. Responsive adalah kata lain dari mobile friendly, jadi kalau kalian pengen agar blog kalian mobile friendly, cari saja template yang responsive. Tinggal edit beberapa kode, SELAMAT kalian sudah bisa memiliki blog yang mobile friendly.

Terus, gimana dong biar tahu apakah blog kita sudah mobile friendly atau belum?

Nah, yang ini caranya juga gampang banget. Google sudah menyediakan alat untuk mengetes apakah blog kita sudah mobile friendly atau belum. Caranya langsung saja masuk ke alamat https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ lalu ketikkan alamat blog kalian pada kotak yang tersedia. Kemudian tekan tombol “ANALISIS”. Kalau blog kalian sudah mobile friendly akan muncul tulisan seperti gambar di bawah ini:

cara tes mobile friendly blog

Kalau masih belum muncul tulisan seperti di atas, mungkin ini saatnya kalian harus mengubah template dengan tempate yang responsive. Namun itu juga bukan kewajiban, kalau kalian masih mau mempertahankan template blog kalian yang tidak responsive ya monggo saja. Karena menurut Google tidak akan merubah SEO pada komputer atau laptop, hanya pada gadget seperti smartphone dan handphone dengan layar kecil saja.

You may also like...

2 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *