Cara Jualan Online Mudah Bagi Pemula

Cara Jualan Online Mudah Bagi Pemula – Di era yang serba internet saat ini, tren jual-beli online juga makin marak. Tidak hanya mereka yang doyan belanja, bagi beberapa orang pun mulai tertarik untuk berbisnis melalui internet. Atau yang biasa disebut dengan online shop. Banyak yang ingin sekali memulai berjualan online, karena selain lebih mudah dan nggak perlu modal yang terlalu besar, ternyata berjualan online juga mampu meraup omzet yang tinggi apabila dikerjakan dengan tekun dan serius.

Namun nggak sedikit orang yang masih bingung, bagaimana sih cara memulai untuk berjualan online. Di artikel saya kali ini, akan saya tulis petunjuk sederhana tentang bagaimana cara jualan online bagi pemula.

Cara Jualan Online Mudah Bagi Pemula

cara jualan online bagi pemula, bisnis online, toko online, peluang bisnis, jual beli online
Online shop bisa dikerjakan kapan saja!

Peralatan

Hal pertama yang harus dimiliki sebelum memulai berjualan online adalah peralatan, beberapa peralatan yang biasanya digunakan untuk berjualan online antara lain:

  • Kamera digital (bisa juga menggunakan kamera handphone).
  • Komputer/laptop/smartphone. Kalau mempunyai komputer atau laptop akan lebih memudahkan, tapi kalau tidak punya dengan smartphone atau tablet juga sudah bisa berjualan kok.
  • Koneksi internet. Kalau menggunakan komputer/laptop biasanya menggunakan modem atau wi-fi. Tapi kalau menggunakan smartphone/tablet umumnya tinggal masukin saja SIM card yang bisa dipakai untuk internetan.

Mempunyai Akun Email

  • Cara membuat email baru dari komputer/laptop bisa dilihat caranya di sini.
  • Cara membuat email baru dari smartphone/tablet Android bisa dilihat di sini.

Daftar di Situs Penyedia Toko Online Gratis

Saat ini banyak situs penyedia toko online gratis atau yang biasa disebut dengan e-marketplace, seperti misalnya Tokopedia atau Bukalapak. Dengan membuat toko online di marketplace tersebut, ada banyak keuntungan yang didapat. Beberapa keuntungan menjadi penjual di marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak bisa dilihat di sini.

3 Jenis Sistem Berjualan Online

Berjualan online hampir sama dengan berjualan pada umumnya, hanya saja media yang digunakan berbeda. Berjualan melalui media internet pastinya lebih menguntungkan karena lebih mudah, murah dan juga jangkauannya yang luas. Selain itu, ada 3 jenis jualan online yang bisa dipilih.

  1. Cara berjualan online yang pertama yakni seperti berjualan pada umumnya. Belanja bahan yang mau dijual, kemudian memasarkannya lewat internet. Keuntungan yang didapat adalah dari selisih harga beli dan harga jual.
  2. Cara yang kedua adalah dengan sistem dropship. Artinya kita tidak perlu belanja bahan yang akan kita jual, kita hanya meminta foto dan data dari barang tersebut, kemudian memasarkannya seperti berjualan pada umumnya. Jika ada yang order ke kita, baru kita menghubungi supplier untuk memproses. Biasanya barang yang akan diproses biaya pembeliannya kita tanggung dulu. Baru setelah selesai transaksi kita akan mendapat untung/komisi.
  3. Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan sistem affiliasi. Kita mempromosikan barang dengan menggunakan link khusus affiliasi, kemudian jika ada yang membeli lewat link kita, kita akan mendapatkan komisi. Biasanya sistem affiliasi ini komisinya tidak seberapa besar, namun tidak ada kerugian di dalam sistem ini. Karena semua proses penjualan ditanggung oleh penyedia affiliasi. Sistem affiliasi paling populer di dunia adalah Amazon. Kalau di Indonesia ada Zocko, Blibli, Lazada dan lain-lain.

Kerja Keras dan Berdoa

Setelah semua persiapan sudah beres, tinggal kerja keras dan berdoa. Kerja keras untuk mempromosikan dagangan kalian, dan berdoa semoga diberikan kelancaran dan kesuksesan. Ada banyak cara mempromosikan toko online kalian. Bisa lewat sosial media (Facebook, Instagram, Path dan lain-lain), bisa juga lewat broadcast di BBM, Whatsapp dan lain-lain. Atau bisa juga dengan membuat blog yang kemudian untuk transaksinya di link-kan ke akun Tokopedia/Bukalapak kalian. Kalau ada budget lebih bisa membayar untuk promosi di Facebook Ads atau Adwords dan lain-lain. Jangan pernah berhenti belajar, apalagi teknologi berbasis internet saat ini berkembang dengan sangat cepat. Kalau tidak mau belajar mengikuti perkembangan, jangan salahkan kalau kalian bisa tertinggal jauh.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *