Cara Mudah Download Foto/Gambar di Instagram Dari Laptop/PC

Cara Download Gambar di Instagram – Instagram adalah salah satu media sosial berbasis foto/video, yang penggunanya saat ini bisa dikatakan sudah bukan menjamur lagi. Hampir setiap netizen di dunia pasti memiliki akun di Instagram. Konten yang ditampilkan selain lebih menarik, nggak jarang pula Instagram kini dijadikan media bisnis. baik untuk berjualan online, ataupun media branding bagi para brand untuk mempromosikan produk mereka.

Sistem keamanan Instagram dibuat sedemikian rupa, demi untuk melindungi hak cipta penggunanya, konten di dalam Instagram-pun terproteksi sehingga tidak bisa diunduh oleh sembarang orang. Namun jangan mengunggah gambar/video ke internet kalau tidak ingin dibajak orang. Kini ada satu cara mudah untuk mengunduh foto di Instagram melalui laptop/PC, namun tetap dengan kualitas gambar yang bagus seperti aslinya.

Pertama, buka dulu gambar di Instagram yang ingin kalian unduh. Misal saya ingin mengunduh foto dari Alice Manyonok, atlit voli dari Rusia.

alice manyonok, alisa manyonok, lis manyonok, cara download gambar di instagram
Alice Manyonok

Setelah membuka gambar Instagram yang ingin diunduh, copy alamat link dari gambar tersebut. Kemudian buka halaman Dinsta.com. Paste-kan link Instagram yang sudah kamu copy tadi ke kolom dari halaman Dinsta.com.

cara download unduh gambar di instagram
Paste-kan link di kolom yang tersedia

Setelah itu, tekan tombol “Go” dan tunggu beberapa saat.

cara mengunduh gambar dari instagram
Klik tombol “Download” untuk mengunduh gambar dari Instagram

Kemudian link untuk mengunduh akan muncul, silakan diunduh dan gambar dari Instagram tadi langsung kesedot ke laptop/PC kalian.

Apakah hal ini bisa disebut pelanggaran hak cipta?

Kemudian muncul pertanyaan, apakah mengunduh gambar di Instagram bisa disebut pencurian atau pelanggaran hak cipta?

Seperti yang saya tulis di atas, Instagram melindungi hak cipta penggunanya dengan memproteksi konten yang diunggah sehingga tidak bisa diunduh sembarangan. Bagi mereka yang hanya sekadar senang-senang atau iseng mengunggah sih mungkin tidak akan masalah. Tapi bagaimana dengan beberapa orang yang memang melindungi hasil karya (berupa foto, video, artwork atau desain grafis) mereka, yang pastinya mereka tidak ingin hasil karya mereka diambil orang untuk kepentingan pribadi ataupun komersil tanpa seijin yang punya? Jawabannya tentu mereka akan merasa milik mereka dicuri, atau dilanggar hak ciptanya.

But this is internet. Kalau kata Arbain Rambey, seorang fotografer profesional “Kalau gak mau diambil orang, jangan dinaikkan ke internet”. Artinya, kalau karya kalian tidak ingin dicuri orang lain, jangan diunggah ke internet. Tapi ambil sisi positifnya, seperti yang dituturkan Arbain Rambey di gambar berikut.

arbain rambey tentang pencurian hak cipta di internet
Setuju atau tidak?

Tidak bisa dipungkiri kalau internet adalah media paling ampuh untuk mempromosikan karya kita, tapi jangan kuatir. Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari pencurian hak cipta di internet. Mau tahu? Baca: Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Hak Cipta di Internet

Terima kasih sudah membaca artikel cara mengunduh gambar di Instagram melalui laptop/PC kali ini, semoga bermanfaat!

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *