Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat di Kantor BPJS Kesehatan

Sejak mundur dari perusahaan sekitar satu setengah tahun yang lalu, yang dulu biaya kesehatan saya dan keluarga dijamin oleh perusahaan melalui BPJS Ketenaga Kerjaan, sekarang saya yang pekerja mandiri harus menanggung pengobatan sendiri apabila saya atau anggota keluarga ada yang sakit.

Tahun ini, istri saya hamil anak yang ke-3, alhamdulillah dari awal hingga pemeriksaan terakhir tidak ada kelainan. Dokter bilang semua normal, ditunggu saja nanti anaknya lak keluar sendiri.

Tapi dari pengalaman anak kedua kami, senormal-normalnya kelahiran pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Saran dari adik saya yang kebetulan bidan di salah satu Puskesmas di Surabaya, lebih baik saya dan keluarga didaftarkan BPJS Kesehatan mandiri saja.  Selain bisa mendapat fasilitas melahirkan gratis di rumah sakit mitra BPJS, juga antispasi kalau toh di luar dugaan ada kenapa-kenapa dengan ibu dan bayi saat melahirkan. Naudzubillahi min dzalik, semoga selalu diberikan kelancaran sampai anak kami lahir.

Ya sudahlah, toh insa Allah banyak manfaatnya kalau kami ikut program BPJS Kesehatan. Akhirnya beberapa waktu lalu saya mendaftarkan keluarga saya di kantor BPJS Kesehatan, jl Dharmahusada Indah no.2 Surabaya.

Baca juga: BAPER’s TALK: Hal-Hal yang Tidak Bisa Dilakukan Setelah Menikah

bpjs kesehatan, cara daftar bpjs kesehatan, kartu indonesia sehat
Foto: infoBPJS.net

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang BPJS Kesehatan:

  1. Pendaftaran harus satu keluarga, artinya tidak bisa mendaftar hanya salah satu anggota keluarga saja
  2. Anggota keluarga yang belum masuk kartu keluarga bisa didaftarkan dengan menggunakan akta kelahiran
  3. Ibu hamil, bisa mendaftarkan calon bayi dalam kandungan dengan menyertakan surat keterangan hamil dari dokter/bidan
  4. Daftar baru BPJS bisa melalui offline maupun online. Untuk mendaftar online bisa ke alamat website https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/

 

Cara Mendaftar BPJS Baru di Kantor BPJS Kesehatan

1. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar BPJS Kesehatan:

  • Kartu Keluarga (asli + fotokopi)
  • KTP pendaftar (asli + fotokopi)
  • Buku tabungan (asli + fotokopi), buku tabungan hanya akan diminta untuk pendaftaran BPJS Kesehatan kelas 1 dan 2, untuk kelas 3 tidak perlu
  • Nomer handphone yang bisa dihubungi via SMS

2. Datang lagsung ke kantor BPJS Kesehatan. Kalau saya kebetulan domisili di Surabaya di jl. Dharmahusada Indah no.2, dekat dengan lokasi Galaxy mall.

3. Ambil formulir pendaftaran baru BPJS Mandiri, jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas/satpam.

4. Mengisi formulir dan menyerahkan formulir ke loket yang ditunjuk.

5. Pulang.

Sudah, gitu doang?

Iya gitu doang, tapi belum selesai. Nomer handphone yang kita daftarkan tadi akan dikirim SMS nomer virtual account (VA), tanggal kapan harus membayar, dan jumlah yang harus dibayarkan. Untuk pembayarannya sendiri bisa dilakukan melalui transfer ATM, Indomaret, Alfamart, kantor pos, ataupun melalui Tokopedia.

Kelar membayar sesuai dengan instruksi yang ada di SMS, kartu BPJS atau yang sekarang disebut dengan Kartu Indonesia Sehat akan dikirim ke alamat KTP paling lambat 14 hari.

Kalau saya kemarin sih selesai membayar, langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan debgan membawa bukti pembayaran dan kartu keluarga untuk cetak langsung di sana.

Kartu Indonesia Sehat tersebut akan aktif dan bisa digunakan selambatnya 14 hari setelah jadi. Nah itulah kenapa bayi yang masih dalam kandungan sebaiknya segera didaftarkan meskipun belum lahir, jadi ketika sudah lahir nanti dan apabila harus segera mendapatkan penanganan dari rumah sakit bisa langsung di-cover oleh BPJS Kesehatan.

Kalau sudah lahir baru didaftarkan BPJS, selama 14 hari kartu belum aktif, segala penanganan yang dilakukan oleh rumah sakit kepada si bayi harus ditanggung sendiri. Kan sayang. 🙂

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *