Cangkrukan Netizen Surabaya Bareng Kapolda Jatim Beserta Jajaran Kepolisian

Bicara soal kiprah polisi di dalam masyarakat, hal ini tentunya tidak lepas dari bagaimana kinerja mereka dalam melayani dan mengayomi. Karena pada hakekatnya polisi adalah pelindung dan mitra, yang selalu mendapat sorotan khususnya bagi netizen (masyarakat pengguna internet) di Surabaya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dengan harapan bisa mengubah mindset masyarakat tentang polisi, dan menunjukkan bagaimana polisi bisa sangat dekat dengan masyarakat, kemarin malam (03/11) diadakan acara santai, #Cangkrukan bareng Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Anton Setiadji beserta para staff dan jajaran di kepolisian yang diadakan di Angkringan Mbah Cokro, Prapen Surabaya. Jadi malam itu buanyaak banget polisi maupun para Srikandi (Polwan) berkumpul di satu titik, ngobrol santai, saling sharing, sampai foto-fotoan tentunya sambil menikmati kopi dan aneka jajanan dari Angkringan Mbah Cokro. Mantep, joss dan mak sliwirrrrr.

cangkrukan kapolda jatim koplrestabes
Bapak Kapolda Jatim, Anton Setiadji (kaos orange) dan moderator acara, @penaberjalan (kaos hitam)

Acara yang semula dijadwalkan mulai pada pukul 19.00 wib, ternyata harus agak molor karena bapak Kapolda baru datang sekitar delapan kurang. Ternyata beliau berangkat setelah sholat Isya, sampai ke lokasi tidak menggunakan kawalan seperti halnya pejabat-pejabat besar yang kalau lewat jalan raya suka menutup jalan agar perjalanannya mulusss sampai di tujuan. Pak Anton sengaja tidak menggunakan kawalan agar bisa ikut merasakan bagaimana sih rasanya jadi masyarakat pada umumnya yang harus mau bermacet-macet ria, menghadapi padatnya arus lalu lintas di kota Surabaya.

Acara #Cangkrukan dan ngobrol santai bareng bapak Kapolda malam itu dimoderatori oleh Bombom (Akbar Halim) atau yang terkenal dengan sebutan @penaberjalan di akun Twitternya. Acara dibuka dengan sambutan dari pak Anton, yang ternyata disamping perawakan beliau yang gede, dempal dan berkumis tebal, pak Anton adalah sosok yang sangat ramah dan seneng banget bercanda. Lah wong kita beberapa kali ngakak mendengar joke-joke ringan dari beliau. Pesan beliau, jangan pernah takut sama polisi. Dalam artian bukan untuk menantang mereka berantem. Namun polisi sejatinya adalah manusia biasa, sama-sama makan nasi, sama-sama punya perasaan juga. Jangan takut untuk mendekati mereka, meminta pertolongan apabila dibutuhkan, atau mau ikut para petugas berpatroli maupun saat penangkapan penjahat, juga boleh. Asalkan dengan cara-cara yang baik pula.

Sharing Netizen Kepada Kepada Bapak Kapolda Beserta Jajarannya

Kembali kepada tujuan awal diadakannya #Cangkrukan malam itu, bapak Kapolda maupun para petugas polisi yang hadir tentunya ingin mendengar bermacam pertanyaan, sharing pengalaman dengan petugas di lapangan, sampai kritik dan saran yang membangun langsung tanpa ada penghalang sama sekali. Dan benar saja, netizen adalah masyarakat yang sangat kritis. Bermacam pertanyaan, kritik maupun saran dilontarkan bergantian dengan tertib, dan semuanya dijawab langsung oleh bapak Anton maupun staff yang terkait.

Salah satu yang banyak diangkat malam itu adalah bagaimana peran kepolisian di dalam aktifitas online. Artinya untuk saat ini, tatap muka antara kepolisian dan masyarakat netizen melalui online masih sangat minim. Entah itu dalam penggunaan sosial media sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi secara langsung, maupun semacam pemberitaan resmi terkait apa yang sedang viral untuk mengklarifikasi kebenaran dari berita tersebut. Katakan saja berita atau isu-isu melalui online saat ini bisa dengan sangat cepat tersampaikan, sementara bagi orang yang tidak tahu kebenarannya, hal ini bisa menjadi ambigu, bahkan bisa memicu provokasi untuk menjatuhkan pihak tertentu. Hal inilah yang diharapkan para netizen kepada kepolisian, mungkin untuk diagendakan agar kepolisian lebih serius memberdayakan internet sebagai sarana pelayanan kepada masyarakat, mengingat pengguna internet di Indonesia terus mengalami kenaikan yang signifikan.

Malam itu selain bapak Kapolda, Anton Setiadji, juga hadir dan ikut menjawab beberapa pertanyaan dari netizen adalah bapak Kapolrestabes, Kombes Pol Yan Fitri Halimansyah. Pak Yan yang malam itu mengenakan setelan kaos warna biru-hitam, menjawab permasalahan-permasalahan di seputaran kota Surabaya. Dan nggak hanya itu, pak Yan juga mempersilakan bagi para netizen di Surabaya yang ingin berkunjung ke kantor Polresta, melihat-lihat atau foto-fotoan, asal dilakukan dengan baik dan sopan.

Suka Dan Duka Para Srikandi Selama Bertugas

Selain #Cangkrukan bersama Kapolda dan Kapolrestabes, malam itu juga diperkenalkan para Srikandi. Yakni polwan-polwan yang selalu siap menjaga keamanan di kota Surabaya. Menjadi polwan bukanlah hal yang mudah, terutama bagi mereka yang sudah berumah tangga dan memiliki anak. Karena nggak jarang mereka harus jaga malam, meninggalkan suami dan anaknya untuk bertugas. Terkadang malah nggak tahu sampai jam berapa mereka pulang. Namun begitu, tugas jualah yang membuat mereka selalu bersemangat, bisa melindungi dan dekat dengan masyarakat.

cangkrukan kapolda jatim kapolrestabes surabaya srikandi polwan
Curhatan ’emak’ nya para Srikandi, kadang harus rela meninggalkan anak-suami untuk bertugas

Nggak hanya Srikandi-Srikandi yang sudah berkeluarga, netizen yang hadir malam itu sepertinya juga penasaran dengan Srikandi-Srikandi muda yang masih single. Ahiirr, awas jatuh cinta, Srikandi-Srikandi muda ini sangat patus diancungi jempol, di usia semuda ini mereka sudah mau menjadi seorang polwan. Seringkali mereka harus rela melewatkan malam minggu atau saat-saat liburan yang mana anak muda lainnya melewatkan dengan bersenang-senang, sedang mereka rela menghabiskan waktunya untuk melayani masyarakat. Apa sih motivasi mereka menjadi seorang polwan?

“Polwan itu keren, tidak semua orang bisa menjadi polwan. Karena bisa melayani dan dekat dengan masyarakat,” Ujar salah seorang polwan kelahiran tahun 1996 yang katanya baru bertugas sembilan bulan.

Nggak semua orang bisa jadi polwan, apalagi kalau kamu laki-laki. #ditoyor

cangkrukan kapolda jatim kapolrestabes surabaya polwan kinyis
Srikandi muda yang kinyis-kinyis memperkenalkan diri

Jangan ditanya bagaimana ramainya netizen-netizen cowok saat dikenalkan Srikandi muda yang masih kinyis-kinyis ini, pecah! Bahkan ada yang nyeletuk nanya username twitter-nya. Hahaha, hati-hati loh, karena meskipun cewek, polwan-polwan ini sudah dibekali dengan pelatihan beladiri. Jadi mereka nggak takut kalau sewaktu-waktu harus menghadapi orang jahat, untungnya sih netizen peserta #Cangkrukan meskipun ramai tapi mereka masih sangat sopan.

Untuk membuktikan kalau para Srikandi itu dibekali dengan pelatihan bela diri, netizen meminta sedikit simulasi saat mereka menghadapi penjahat. Dan yang jadi korban uji coba adalah mas Dito, banyak-banyak berdoa mas sebelum kena banting. Hehe, untungnya sih mas Dito nggak dibanting beneran sama bu polwan-nya. Dengan dilakukannya simulasi perlawanan terhadap musuh, terlihat bahwa para polwan memang benar telah terlatih membela diri.

cangkrukan kapolda jatim kapolrestabes surabaya polwan
Mas Dito yang sedang simulasi bela diri dengan polwan

Pada malam itu, kebetulan banget rombongan Srikandi sedang akan melakukan patroli, dan netizen yang hadir pada acara #Cangkrukan dipersilakan apabila berminat ikut patroli bersama. Keren ya, polisi semakin dekat dengan masyarakat.

Pada akhirnya, acara #Cangkrukan bersama Kapolda Jatim ditutup dengan harapan dari pihak kepolisian maupun masyarakat, khususnya netizen di Surabaya dan sekitarnya untuk kinerja polisi yang lebih baik, lebih dekat dengan masyarakat dan komunikasi dua arah yang lebih luas baik itu melalui jalur offline ataupun online. Oiya, dan satu lagi, pada malam itu seluruh netizen yang hadir sepakat untuk siap sedia membantu tugas kepolisian terutama mengenai sosialisasi melalui media sosial maupun blog. Agar tugas polisi semakin optimal, dan berita-berita yang simpang siur bisa dengan cepat diklarifikasi dari sumber yang benar-benar terpercaya.

Finally, acara pun selesai. Nggak afdol kalau selesai acara nggak pake foto-foto. Bapak Kapolda, Kapolrestabes dan beberapa staff kepolisian dengan sangat ramah menerima ajakan netizen untuk berfoto. Nggak terkecuali saya, xoxo. Siapkan kameraaa!!

cangkrukan kapolda jatim kapolrestabes surabaya
Netizen Surabaya berfoto bareng Kapolda Jatim dan Kapolrestabes Surabaya

 

blogger foto narsis selfie bareng kapolda jatim anton setiadji surabaya indonesia
Nggak mau kalah, saya berfoto bareng bapak Kapolda Jatim, Anton Setiadji

You may also like...

4 comments

  1. Tulisannya apik… terimakasih masukannya , semoga harapannya bisa segera direalisasikan bersama jajaran Polda Jatim dan Polrestabes

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *