Blogger Cantik Ini Suka Banget Bikin Video Dance Cover di Sosial Media

Belakangan media sosial memberikan kontribusi yang sangat besar kepada anak muda khususnya, dalam hal menyalurkan hobi dan berkarya. Sebut saja media blog, penggunanya yang aktif kemudian diberi label blogger adalah orang-orang kreatif yang punya karya di bidang penulisan, desain grafis, fotografi dan lain-lain. Dan yang semakin populer di beberapa pekan belakangan adalah munculnya orang-orang kreatif di bidang videografi.

Bicara soal videografi, mungkin yang terlintas di pikiran adalah hasil karya dengan komposisi yang kompleks, dari sudut pengambilan gambar. kualitas kamera, teknik pengambilan suara serta proses editing. Thank to internet, saat ini berkarya lewat video nggak harus ada batasan-batasan yang rumit. Kamu suka bikin video memasak, bernyanyi, main musik, dance, sampai video bongkar-bongkar mainan dan aktifitas sehari-hari bisa kamu share di media sosial. That’s it, kalau video kalian banyak yang suka, you’re popular! Dan nggak menutup kemungkinan pundi-pundi rejeki bisa mengalir dari video-video yang kamu buat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh gadis cantik asal Jember, Jawa Timur ini. Awalnya dari ngeblog, kemudian ‘ketagihan’ bikin video-video dance cover yang diunggahnya di beberapa media sosial, terutama di channel Youtube miliknya. Namanya Vindy Putri, gadis yang saat ini berprofesi sebagai desainer layout di surat kabar harian Radar Jember ini bercerita tentang pengalamannya menulis buku, ngeblog sampai cerita seru mengenai kegemarannya membuat video dance cover di Youtube. Penasaran? Simak wawancara saya dengan Vindy yuk!

blogger cantik
Vindy Putri (photo: vindyputri.com)

Elangg : Hai, Vin. Apa kabar? Cerita dong sibuk apa aja nih sekarang?

Vindy: Hai, Elang. Aku sibuk kerja di dunia nyata dan sambilan di dunia maya. Hehe… Sempat sakit minggu kemarin. Sempat keteteran, jadi sekarang makin sibuk nutupin utang-utang kerjaan hehe…

Elangg : Cerita dong Vin, apa motivasi kamu ngeblog?

Vindy: Motivasi aku ngeblog awalnya karena lama banget udah nggak nulis buku. Semenjak nulis SKRIPSI tahun 2013-2014, aku susah nulis fiksi. Tapi hasrat nulisnya udah menggebu-gebu. Ya udah, blog adalah pelarianku menulis. ? Dan rupanya aku enjoy banget di blogging.

Elangg : Terus apa aja yang sudah didapat dari ngeblog? Kamu nulis buku juga ya, udah berapa judul buku nih yang udah kamu tulis?

Vindy: Btw, Banyak banget yang aku dapat. Selain kepuasan hati sudah berhasil nulis, aku bisa nyalurin hasrat untuk menggambar digital, desain-desain gitu.

Belajar membuat konten yang menarik, belajar berkompetisi, hingga mendapat reward berupa barang, uang, reputasi traffic, dikenal banyak orang di kotaku sendiri. Sering sih di jalan di sapa orang karena mereka sudah baca blog. Mereka mendapatkan manfaat dan informasi dari tulisanku. Itu sudah membuatku sangat bahagia.

Iya, nulis buku juga, masih ke-pause sih. Tapi suatu saat nulis buku lagi. Doakan saja ya, imajinasi, otak. dan mood sinkron hihi…
Ada 4 judul sebenernya. Satu judul diterbitin indie. 3 buku lainnya di penerbit mayor yang bisa kamu dapatkan di toko buku kesayangan kamu. Judulnya ‘Ikunenmo’, ‘Hasrat terdalam’, ‘Pelukan yang Tak Lagi Ada’.

Elangg: Denger-denger nih kamu suka bikin dance cover juga ya di youtube, ceritain dong gimana awalnya?

Vindy: Haha, sebenernya ini yang bakal aku ceritakan di blogku, cuma belum sempat. Huhu… Ya awalnya karena aku ingin olahraga sejenis senam Zumba. Tapi malu kalau bareng-bareng gitu. Terus juga nggak ada jadwal yang pas buat janjian sama temen. Secara aku kerjanya sore, temanku kerjanya jam normal pagi.

Akhirnya aku inisiatif, olahraga sendiri tapi gerakannya pakai dance lagu-lagu yang enak di denger seperti JKT48, girlband korea, anime jepang, dll. Rupanya selain dapat sehatnya, aku juga bisa melatih daya ingat. Karena seperti menghapal gerakan gitu kan. Itu manfaat banget. Sehatnya tubuh dapat, olah raga otaknya juga dapat.

Elangg: Proses pembuatan videonya gimana Vin, dari pengambilan gambar sampai editing apakah dikerjakan sendiri atau ada yg bantuin? Terus caranya biar bisa hapal gerakan-gerakan dance yg kamu cover’in, apakah ada jadwal latihan khusus?

Vindy: Semuanya sendiri hahaha.. Awalnya cari lagu yang enak, entah dari mp3, langsung ke youtube, bahkan nggak sengaja pas browsing gitu. Terus karena aku suka lagunya, aku langsung cari dance tutorialnya. Baru deh, aku latihan sendiri di kamar. Antara 2-4 minggu aku hapalin. Terus record sendiri. Dan editing juga sendiri. Hihihi…

Aku memang menjadwalkan olahraga sendiri. Kadang kalau niat setiap hari, sekitar 15-30 menit setelah makan. Kalau lagi sibuk paling-paling cuma sering dengerin lagunya sambil sesekali lihat dance tutorialnya. Nanti diingat-ingat aja dulu. Pas ada waktu latihan, aku coba secara fisik.

blogger cantik
Salah satu video dance cover Vindy di Youtube

Elangg: Kemudian bagaimana tanggapan teman-teman/keluarga setelah menonton video kamu?

Vindy: Haha, awalnya aku kira dihujat abis-abisan. Takut dikira kurang kerjaan, padahal aku niatnya olahraga. Pas upload pertama aku sudah siap nggak ada yang respon. Eh, rupanya banyak yang respon positif meski pasti ada yang tidak suka dan lebih memilih keep silent.

Dan rupanya mereka banyak yang menanti-nanti, mana dance cover selanjutnya. Haha, ya udah itu buat motivasiku aja untuk terus membuat dengan gerakan baru lainnya. Toh aku juga dapat manfaat dari situ. Aku bisa tetap sehat dan bugar sekaligus menghibur.

Elangg: Ceritain dong, ada pengalaman seru nggak setelah kamu mengunggah video-video dance cover-mu di youtube?

Vindy: Ada dong, yang paling berkesan sih yang dance cover ‘Cari Pokemon’ itu. Itu aku awalnya ditantang oleh teman blogger namanya Citra Pradipta Hudoyo (www.citrapradipta.com) Dia japri aku untuk ngecover lagu adik Faiha yang lagi booming itu. Aku awalnya menolak, nggak mau. Secara kan Pokemon sempat ada pro dan kontra. Takut dance ku dihujat.

Tapi setelah dapat motivasi dari dia, aku berani coba. Eeeeh 3 hari hapal. Hahaa. Langsung aja nggak pakai lama aku record. Saking groginya aku sampai beberapa kali take loh. Dan walaaa… dari semua dance cover yang aku buat, judul itu yang paling banyak viewer-nya, hingga kini 13K viewers sudah kukantongi. Belum lagi komentarnya yang rupanya… mereka salah fokus ke kucing albino ku yang ada disampingku. Mungkin itu juga yang jadi daya tariknya. Jadi sejauh ini, itu yang berkesan.

Elangg: Fans nya pasti banyak dong ya, udah punya haters belum? ?

Vindy: Haha… fans. Alhamdulillah ya… jadi dikenal itu ada senang dan tidak nya. Tidaknya adalah diburu-buru japri via email, inbox fb, dll. Tapi itu sudah konsekuensi. Japri terus-terusan, minta makan bareng, jalan bareng. Aduh… Tapi aku senang, karena itulah bentuk mereka untuk support aku.

Kalau hatters… belum ada yang berarti hehe. Sejauh ini nyeseknya adalah lihat tombol dislike di youtube nambah satu per satu hahaha…

Elangg: Ke depan apa yang kamu harapkan dengan kegiatan cover dance dll di youtube tersebut?

Vindy: Ke depannya aku ingin terus membuat video supaya aku tetap terus berkarya. Dan mendalami youtube supaya bisa memberikan manfaat lebih untukku dan orang lain.

Oiya, kali ini aku juga mulai mengisi cerita fiksi melalui gameplay The Sims 3. Semoga banyak yang suka dan terhibur dengan cerita berdurasi 10 menit-an ini. Salah satu cerita nya dengan Aktor bernama BANG JALI, kalian bisa lihat di sini ~>https://www.youtube.com/watch?v=AVir8PmhH9M

Elangg: Terima kasih Vindy atas waktunya, semoga sukses dengan karya-karyamu yah! 🙂

Buat yang penasaran banget pengen kepo-in Vindy, kalian bisa langsung cek blognya dia di Vindyputri.com. Tulisan gadis lulusan Program Studi Informasi – Universitas Jember yang lulus tercepat diantara satu angkatannya ini cukup renyah buat dibaca. Banyak menulis tentang review buku, film dan kuliner, rupanya Vindy cukup aktif dalam mengelola blognya. Ya sudah, sebagai bonus terakhir, saya kasih salah satu video dance cover Vindy yang paling populer, yang berjudul ‘Mencari Pokemon‘ dari penyanyi cilik Faiha. Enjoy!

 

You may also like...

4 comments

  1. Aduh… hehehe semoga teman-teman yang baca ikut semangat berkarya ya. Berkarya jangan malu dan jangan ditutup-tutupi. Kalau mampu, tunjukkan. Jaman sekarang, apa sih yang nggak bisa.

    Kalau kata Heru Arya (www.tulisanwortel.com) ketika kami diskusi, “Nggak ada yang nggak mungkin, yang nggak mungkin itu buat orang yang nggak mau berusaha.”

    Terus ada kata-kata andalan lagi dariku, “Nggak akan pernah rugi hidup dengan berkarya… meski hasilnya nggak seboomiing para seniman di tanah air, paling nggak, hidup ini nggak mati padahal kita hidup.”

    Tjakep…!
    Makasih ya, ulasannya… ^^ Aku suka.

    Dan lihat foto di atas, aku jadi ingat jaket merah itu… jaket itu hilang huhuhuhu…

    Elangg: Makasih Vindy, 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *