Bagaimana Jika Blog Mendapatkan Trafik dari Situs Spam?

Selain menulis di blog ini, saya juga mempunyai beberapa blog lain yang kebanyakan menggunakan platform Blogger. Mengerjakan blog tentu selain memperhatikan soal konten, hal lain yang penting untuk diperhatikan juga adalah soal trafik. Berapa banyak visitor yang meengunjungi blog saya, seberapa efektifkah kata kunci yang saya buat untuk mendapatkan trafik bagi blog-blog saya? Dan dari beberapa blog yang saya punya, khususnya bagi blog-blog yang relatif kontennya masih sedikit, ada satu trafik yang mencurigakan.

Trafik mencurigakan bagaimana maksudnya?

Trafik atau backlink yang menuju ke blog biasanya kalau nggak dari mesin pencarian Google, sosial media tempat saya men-share link, atau dari blog-blog yang pernah saya tinggali jejak (komentar di blog orang/blogwalking). Masalahnya adalah, kalau blog yang saya buat bertujuan hanya untuk mencari visitor organik atau hanya menggantungkan nasib dari mesin pencarian, otomatis trafik yang terbanyak pastinya dari Google atau yahoo. Karena saya tidak pernah sama sekali blogwalking menggunakan blog tersebut, atau men-share nya ke media sosial.

blog mendapatkan trafik dari situs spam

Tapi beberapa waktu belakangan kenapa ada trafik lumayan kenceng dari beberapa situs, beberapa trafik yang saya dapat dari Mobot(dot)site, Babasr(dot)xyz atau ada dari short url-nya Twitter t(dot)co. Kebetulan beberapa blog saya itu belum pernah saya share di Twitter, jadi nggak mungkin lah kalau trafik tersebut dari follower saya.

Akhirnya saya pun menanyakannya ke simbah Google mengenai hal ini, siapa sih situs-situs yang rajin mengunjungi blog saya, aman nggak sih kalau mendapat kunjungan dari situs-situs tersebut?

Dan saya pun kemudian mendapatkan jawabannya. Jawaban yang paling aktual saya ambil dari forum Google, thread aslinya bisa dilihat di sini.

Salah satu pakar Google pun membalas thread tersebut. Bahwa beberapa situs yang disebutkan tadi, memang benar mereka adalah SPAM. Hal ini dikarenakan situs-situs tersebut menggunakan “Referrer Spam” atau rujukan yang kalau di klik bakal menuju ke beberapa situs lain. Tidak ada link kalian di situs tersebut, dan sayangnya untuk saat ini belum ada yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Palingan hanya bisa menunggu Google mendeteksi spam tersebut dan mem-block nya.

Namun begitu ada dua tips agar blog kalian tidak berdampak buruk akibat dari trafik SPAM:

  1. Jangan mengklik situs tersebut, yang muncul di sumber trafik blog kalian
  2. Jangan share dimanapun situs SPAM yang muncul di blog kalian!

Semoga artikel yang saya bagi kali ini bermanfaat. 🙂

*****

n.b: Ada beberapa tips mengatasi trafik spam bertebaran di Google, salah satunya menggunakan Webmaster Disavow. Karena saya belum mencobanya dan belum mendapatkan jawaban langsung dari forum Google, nggak akan saya share dulu tips ini. Daripada nanti mlah berakibat buruk pada trafik blog.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *