Bisnis Online Kuliner Mudah Dengan Industri Rumahan (part II)

Baca juga: Bisnis Online Kuliner Mudah Dengan Industri Rumahan (part I)

bisnis online kuliner

Beberapa Contoh Bisnis Online Kuliner di Indonesia

Buat yang tertarik untuk terjun dan menggeluti dunia bisnis online kuliner, barangkali beberapa list produk di bawah ini bisa jadi referensi untuk menciptakan produk baru yang lebih inovatif.

Maicih

bisnis online kuliner, maicih
Maicih

Dulu awal kemunculannya, Maicih sempat bikin heboh seluruh nusntara. Mungkin bisa dibilang Maicih adalah pelopor pertama snack dengan level pedas, sampai-sampai dulu kabarnya di kota asalnya – Bandung, pembeli dibatasi hanya boleh membeli dua bungkus dalam sekali beli. Saking ramainya. Maicih adalah kuliner kemasan, yang dijual offline maupun online, dengan mengangkat kuliner khas Sunda. Ada keripik singkong, gurilem, makaroni goreng dan basreng. Ada juga varian terbarunya yakni batagor dan seblak dalam kemasan juga. Foundernya adalah Bob Merdeka asal bandung, berkat dia kuliner khas Sunda pun bisa terangkat menjadi kuliner yang bergengsi.

Dengan mengambil konsep kuliner tradisional Sunda, kalian pun berpeluang untuk mengambil konsep yang sama. Bukan berarti harus mencontek seratus persen dari konsep Maicih, barangkali kalian yang tinggal di daerah lain, bisa juga kok mengangkat kuliner khas daerah kalian dengan kemasan yang lebih modern dan kekinian.

FCK Jamur Crispy

bisnis online kuliner, fckjamur, fck jamur krispi, fck jamur crispy
FCK Jamur Crispy

Foundernya bernama Bagas Alimpad P, anak muda kreatif asal kota tahu – Kediri. Siapa yang menyangka founder FCK jamur crispy adalah anak muda yang hanya kelar dari bangku pendidikan SMA. Sejak muda memang Bagas getol sekali berbisnis, berbagai bisnis pernah dijalaninya. Bahkan dirinya pernah terbelit hutang hingga ratusan juta Rupiah, karena gagal di bisnis trading. Akhirnya berkat tangan dinginnya, dia pelan-pelan membangun perusahaan jamur crispy yang sukses meraup untung hingga sekarang.

Bagas mengatakan memulai bisnis jamur karena untuk penanamannya mudah dan tidak membutuhkan ruang yang banyak, jamur juga memiliki manfaat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Buat kalian yang tertarik mau bisnis kuliner online juga, bisa juga mencari kuliner yang untuk pengadaannya mudah, manfaatnya juga banyak. Seperti misalnya rempeyek bayam, brokoli crispy dan lain-lain.

Zanana Chips

bisnis online kuliner, zanana chips
Zanana Chips

Zanana? Did you mean Banana?

No, it’s Zanana Chips!

Hahaha, ini bukan iklan kok. Hanya saja sejak lama saya tertarik dengan branding yang dibentuk oleh Zanana Chips. Adalah Gazan Azka Ghafara, pemuda yang berasal dari keluarga kurang mampu ini memulai bisnisnya sejak umur 16 tahun. Namun jangan disangka sejak pertama memulai bisnis, Gazan langsung sukses seperti sekarang. Pernah beberapa kali mengalami kebangkrutan berwirausaha, mulai dari membuka warung makan, sampai jualan risoles pernah dijalaninya. Sampai akhirnya menemukan titik terangnya melalui bisnis keripik pisang. Keripik pisang ini adalah makanan tradisional Indonesia loh, tapi di tangan dingin Gazan, penjualan Zanana Chips saat ini sampai ke lebih dari 70 kota di Indonesia, Malaysia, Jepang, Brunei dan Kairo. WOW!

Kalau Maicih menjual keripik singkong dengan konsep pedas berlevel, Zanana ini menjual keripik pisang dengan aneka rasa. Ada lima varian rasa: brown chocolate, creamy milk, green thai tea, smoked beef, dan classy spicy.

Sinom Nyak Dhe

bisnis online kuliner, sinom mbokde, sinom nyak dhe,
Penampakan sinom Nyak Dhe waktu masih bernama Sinom Mbokde

Dulu namanya Sinom Mbokde, setelah beberapa tahun jalan ternyata mendapat kendala saat mendaftarkan brand-nya. Nama tersebut sudah ada yang mendaftarkannya terlebih dahulu, dengan terpaksa M.Fahni, pemuda asal Gresik ini mendaftarkan dengan nama lain dan membranding ulang produknya. Jadilah sekarang bernama “Nyak Dhe” dan menambah varian produknya dengan temulawak.

Sinom dan temulawak sebenarnya adalah minuman tradisional banget, biasanya dijual oleh mbak-mbak atau ibu-ibu dengan digendong. Khasiatnya jangan ditanya, semua orang pasti tahu selain menyegarkan, sinom dan temulawak mempunyai manfaat yang bagus buat tubuh. Namun Fahni mengemasnya dengan menarik, sehingga minuman yang sebelumnya identik dengan minumannya ibu-ibu kini bisa menjadi minuman premium bahkan untuk kelas anak muda. Keren!

Kalian pun bisa kok memakai konsep Nyak Dhe, karena soal minuman tradisonal yang segar dan menyehatkan Indonesia Jagonya. Sebut saja beberapa jenis minuman tradisional seperti sari dele, wedang jahe, wedang uwuh, wedang serai, bandrek, bajigur dan masih banyak lagi jenis minuman yang bisa dikemas semenarik mungkin untuk dijual melalui bisnis online kuliner.

*****

Kalau membahas soal inspirasi bisnis online kuliner di Indonesia, saya yakin nggak akan ada habisnya. Karena bisnis ini semakin hari semakin berkembang, semakin banyak pula kretifitas dari varian-varian yang bahkan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Oiya, ada satu film yang mengispirasi banget, tentang bisnis kuliner dari seorang pemuda asal Thailand yang menjadi sukses berkat usaha cemilan rumput lautnya. Review filmnya pernah saya buat di sini. Semoga bermanfaat! 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *