Bisnis Online Kuliner Mudah Dengan Industri Rumahan (part I)

Bisnis online kuliner adalah bisnis yang bisa dibilang memiliki potensi peluang cukup besar untuk wirausaha, termasuk usaha yang dikerjakan dari rumah atau yang disebut juga dengan industri rumahan. Banyak masyarakat di Indonesia saat ini yang mulai merintis usaha industri rumahan berbasis kuliner, karena seperti yang kita tahu ragam kuliner di tanah air ini sangat banyak. Belum lagi pelaku industri kuliner yang cukup kreatif, memadukan beberapa hal dengan dasar kuliner khas nusantara kini mulai banyak menghiasi pasar kuliner di Indonesia.

bisnis online kuliner

Mengapa Bisnis Online Kuliner di Indonesia Bisa Berkembang Cukup pesat?

Beberapa faktor yang menjadikan bisnis online kuliner di Indonesia bisa berkembang cukup pesat adalah:

Indonesia Kaya Akan Ragam Kuliner

Indonesia kaya akan ragam kuliner, baik kuliner tradisional maupun kuliner yang sudah dipadukan dengan beberapa unsur. Termasuk mungkin ada yang menggabungkan kuliner tradisional dengan bahan modern seperti misalnya Burger Tempe. Tempe yang merupakan makanan tradisional dan identik dengan makanan kelas menengah ke bawah, pun bisa naik derajat ketika dipadukan dengan bahan yang bersifat modern.

Indonesia Itu Tanah Surga

Kalau kata lagunya Koes Plus, Indonesia itu tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Dikarenakan Indonesia memiliki struktur tanah yang subur, sehingga banyak sekali bahan makanan ataupun rempah-rempah yang tumbuh di Indonesia. Dengan mudahnya mencari bahan seperti ini, memudahkan juga bagi produsen kuliner Indonesia untuk berkreasi.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online di Indonesia Saat Ini

Masyarakat indonesia Jago Membuat Masakan Khas Daerahnya

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing, dan yang pasti resepnya sudah turun menurun. Dengan banyaknya orang yang menguasai memasak makanan khas daerahnya itu, menjadikan bisnis kuliner di indonesia pun menjadi semakin beragam.

Kreatifitas dan Sarana Informasi yang Mudah

Kreatifitas dan sarana informasi yang cukup mudah, menjadikan saat ini banyak pengusaha kuliner Indonesia yang membuat brand baru untuk makanan yang sebenarnya biasa. Sebut saja keripik pisang, makanan khas masyarakat Indonesia yang biasa disantap sehari-hari inipun menjadi berbeda ketika dipadukan dengan bahan lain. Akhirnya muncul keripik pisang dengan rasa keju, cokelat, balado dan lain-lain. Selain itu sarana informasi yang mudah dari internet, menjadikan banyak produsen bisnis kuliner Indonesia dapat dengan cepat memperoleh informasi untuk mengembangkn bisnisnya.

Masyarakat Indonesia Doyan makan dan Nyemil

Tingkat konsumsi masyarakat Indonesia yang cukup tinggi, juga sangat mempengaruhi faktor pesatnya perkembangan bisnis kuliner di tanah air. Masyarakat Indonesia banyak yang menganut sifat “eat anything” atau pemakan segalanya. Hal ini mungkin dikarenakan culture makanan Indonesia yang penuh dengan rempah-rempah dan variasi rasa yang cukup beragam, sehingga lidah Indonesia terbiasa untuk menikmati makanan dengan segala rasa.

Trend dan Prestige Sebagai owner Bisnis Online Kuliner

Di Indonesia, bisnis online kuliner saat ini bukan hanya sebatas lapak untuk mencari penghasilan. Bahkan bisa dibilang sudah menjadi trend, dan memiliki nilai prestige yang cukup ttinggi. Banyak orang berlomba-lomba membuat brand baru di bidang kuliner online, mengikuti berbagai kegiatan komunitas, kemudian men-share nya di sosial media. Banyak orang kemudian bangga menjadi ‘owner‘ dari sebuah produk kuliner online, dan membranding ‘brand‘-nya di sosial media dengan cukup gencar.

Hal ini akan menimbulkan beberapa hal. Pertama, produk tersebut kemudian menjadi populer di sosial media, yang akhirnya masyarakat menjadi penasaran dan memesan produk tersebut. Brand tersebut pun kemudian banjir orderan. Hal kedua yang penting untuk diperhatikan adalah bagaimana menyeimbangkan branding yang kuat dengan kualitas produk dan pelayanan. Ketika branding sudah berhasil dan orderan menjadi ramai, tapi ketika konsumen merasakan produknya tidak sesuai dengan branding, maka tidak akan ada repeat order. Atau ketika kualitas produk sudah bagus, tetapi kurang dalam pelayanan. Seperti misalnya tidak bisa memenuhi jumlah orderan yang terus berdatangan, atau terlambat dalam memenuhi pesanan konsumen, maka citra brand tersebut akan jatuh dan sulit kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Beberapa Contoh Bisnis Online Kuliner di Indonesia

Baca lanjutannya di: Bisnis Online Kuliner Mudah Dengan Industri Rumahan (part II)

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *