Bingung Mau Usaha Apa? Coba Beberapa Tips Membuat Produk Unik Ini

tips membuat produk unik untuk memulai usahamu sendiri

Salah satu alasan yang sering sekali muncul saat seseorang belum berani untuk terjun menjadi seorang enterpreneur adalah, bingung mau usaha apa. Padahal banyak jenis usaha yang sebenarnya bisa membuat seseorang sukses berwirausaha. Biar nggak bingun lagi, cobain beberapa tips membuat produk unik untuk memulai usahamu sendiri yuk!

1. Create Something New

Sebuah inovasi baru untuk membuat sebuah produk yang kemudian menjadi daya tarik pasar adalah sesuatu yang bisa banget membuat kamu berhasil menjadi seorang wirausahawan. Namun untuk menciptakan sebuah produk yang benar-benar fresh membutuhkan effort yang sangat besar. Kalaupun kalian kemudian berhasil menciptakan produk yang benar-benar belum pernah ada, pikirkan juga manfaat dan kebutuhan setiap orang. Setelah semua sudah disiapkan, hal selanjutnya yang harus dipikirkan adalah masalah hak paten.

2. Modification Of Exist

Hal kedua yang bisa banget dilakukan untuk membuat sebuah produk yang unik adalah dengan memodifikasi sesuatu yang sudah ada sebelumnya, namun bisa memiliki fungsi baru yang lebih baik. Sebut saja tongsis yang kabarnya ditemukan oleh orang Indonesia beberapa waktu lalu, yang sebenarnya adalah modifikasi dari monopad untuk kamera ditambahkan beberapa elemen sehingga bisa digunakan untuk ber-selfie ria menggunakan HP/smartphone. Dan ternyata hal tersebut sah ketika didaftarkan hak patennya. Atau di bidang kuliner ada steak tempe yang mana tempe yang sebenarnya adalah makanan sederhana namun bisa menjadi istimewa hanya dengan memasaknya dengan menggunakan bumbu steak.

3. Mix It

Bingung menciptakan sesuatu yang baru ataupun memodifikasi yang sudah ada? Bagaimana kalau menggabungkan dua produk menjadi satu, dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pasar. Seperti halnya handphone dan kamera yang kemudian bisa digabung menjadi satu produk. Atau mau bisnis kuliner dengan menggabungkan dua jenis makanan menjadi satu, seperti misalnya kalian ingin menggabungkan burger dan ramen, sehingga terciptalah burger yang rotinya terbuat dari bahan ramen.

4. Make It Simple

Dan yang terakhir yang mungkin bisa saya share di sini adalah dengan memasarkan sesuatu yang sederhana, namun dikemas dengan brand yang luar biasa. Sebut saja Aqua yang produknya hanya menjual air putih, namun mereka mengemas dengan sangat baik. Sehingga kemudian banyak brand-brand baru yang membuat produk serupa. Atau finna yang menjual kerupuk yang sebelumnya banyak banget di pasar tradisional yang kemudian dikemas dengan branding yang menarik pasar menengah ke atas. Kuncinya adalah: Apa yang dibutuhkan orang, branding, dan strategi pemasaran. Dengan tiga hal tersebut, apapun bisa menjadi suatu usaha dan sumber pemasukan rejeki.

Terima kasih sudah membaca artikel Tips Membuat Produk Unik Untuk Memulai Usahamu Sendiri, semoga bermanfaat. 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *