Belanja Hemat Ramadan Ekstra di Tokopedia

Pernah nggak sih kalian merasa menjadi orang yang paling beruntung, mendapatkan banyak sekali kenikmatan dan kemudahan dalam hidup?

Pada moment itulah seseorang merasa hidupnya luar biasa, atau ada kelebihan ekstra yang Tuhan berikan padanya.

Ramadan tahun ini, saya merasa diberikan berkah yang luar biasa. Dimana saya mempunyai keluarga kecil yang bisa membuat saya merasa menjadi orang yang paling beruntung.

Beberapa bulan lalu, istri saya melahirkan anak kami yang ke-3. Sehingga Ramadan tahun ini terasa ekstra luar biasa dengan tiga anak yang tidak hanya lucu, namun juga kerap membuat kami bangga. Seperti misalnya bisa mengikuti perkembangan mereka, dimana mereka mulai bisa melakukan banyak hal, yang seringkali membuat kami sebagai orangtua merasa takjub.

Bicara soal Ramadan, tentunya ada banyak sekali kebutuhan yang harus dipersiapkan. Mulai dari menyiapkan segala kebutuhan untuk beribadah, menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa agar semangat puasanya, persiapan membayar zakat fitrah hingga membeli aneka kebutuhan saat lebaran. Pastinya kita harus mempersiapkan budget yang tidak sedikit.

Salah satu hal yang kerap masuk ke list belanja wajib menjelang lebaran adalah pakaian. Mulai dari baju, celana, kerudung, sepatu//sandal, hingga berbagai jenis aksesoris seperti kacamata, topi, jam tangan dan lain sebagainya.

Alangkah bijaknya, jika segala pengeluaran yang sebarek tersebut dibarengi dengan trik-trik belanja hemat. Barangkali beberapa tips berbelanja hemat di Tokopedia ini bisa membantu kalian untuk tetap bisa mempersiapkan kebutuhan Ramadan ekstra, tanpa harus menjebolkan kantong.

Tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :

tips berbelanja online hemat, ramadan ekstra tokopedia

1. Membandingkan Harga Setiap Merchant di Tokopedia

Tokopedia adalah marketplace, atau mall online yang di dalamnya berkumpul ratusan toko online terpercaya dari berbagai daerah. Keuntungan berbelanja di Tokopedia selain aman, ketika kita akan mencari suatu barang, kita bisa menemukan banyak toko online yang menjual barang tersebut dengan harga yang bervariatif. Sehingga memudahkan kita untuk memilih mana harga yang paling pas untuk kita. Kita juga bisa menggunakan fitur urutkan dari harga terendah agar lebih mudah dalam memilih merchant mana yang akan kita pilih.

2. Cari Toko Online dengan Lokasi Terdekat

Nah, terkadang menemukan barang yang akan kita beli dengan harga yang murah pun, masih akan terasa lebih mahal karena berat di ongkos kirim. Cara paling mudah untuk mendapatkan ongkos kirim paling rendah adalah mencari toko online yang terdekat dengan lokasi kita. Ada satu fitur di Tokopedia yang menyediakan filter pencarian di satu atau beberapa kota, untuk membantu kita mencari toko online yang terdekat dengan lokasi kita. Dengan pembelian merchant yang terdekat dengan lokasi kita, ongkos kirim juga pasti akan lebih ringan.

3. Cari Produsen Lokal yang Berkualitas

Menyambut Ramadan dan Idul Fitri, rasanya tidak semua-semua harus menggunakan barang branded yang harganya lebih mahal. Saat ini produsen-produsen lokal juga banyak yang berkualitas, seperti beberapa waktu lalu saya membeli baju koko bayi dari home industri di Bekasi. Harganya cukup murah, namun kualitasnya sangat bagus. Produsen lokal seperti ini sekarang sudah banyak dilirik kok. Karena masyarakat sudah cerdas, produk yang kurang bagus pasti akan ditinggal.

4.Pilih Jasa Pengiriman yang Sesuai dengan Budget

Berbelanja online di Tokopedia, kita juga bisa dimudahkan sekali dengan berbagai pilihan jasa pengiriman. Dari jasa pengiriman konvensional, hingga jasa kurir instan online yang dapat mengirim saat itu juga. Dari beberapa pilihan jasa pengiriman tersebut, harganya pun bervariatif. Pilih jasa kurir yang paling pas dengan kebutuhan. Tidak perlu terlalu cemas dengan isu-isu jasa pengiriman yang tidak baik. Karena perusahaan jasa pengiriman pun saat ini berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Baca juga: 5 Jenis Usaha Online yang Sedang Populer Saat Ini

5. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Pas

Terkadang saat kita berbelanja online, salah satu hal yang menjadi kendala adalah saat pembayaran. Kasus yang paling sering terjadi adalah, ketika akan membayar, ternyata bank pemilik toko online dan bank pembeli berbeda. Sehingga ketika akan melakukan transfer, terkendala oleh biaya transfer antar bank. Dan hal itu cukup menjengkelkan, hehe.

Berbelanja di Tokopedia, kita akan dimanjakan dengan berbagai cara metode pembayaran yang bisa kita pilih sebaik-baiknya. Dari pembayaran dengan kartu kredit, saldo Tokocash, berbagai jenis pilihan bank, hingga virtual account yang cukup memudahkan karena proses verifikasinya cepat.

6. Gunakan Fitur Diskon / Promo

Ini adalah salah satu fitur yang paling saya sukai saat berbelanja di Tokopedia, karena seringkali ada diskon atau promo yang menguntungkan bagi pembeli. Paling sering adalah promo cashback, terutama di hari-hari penting. Hal ini sangat bermanfaat bagi kita, terutama bagi yang ingin berbelanja hemat dalam menyambut bulan Ramadan dan Idul Fitri, karena Tokopedia menawarkan berbagai promo menarik selama bulan Ramadan.

Oiya satu lagi, ada yang tahu tentang ‘Black Friday’ dalam festival belanja online? Dimana pada hari Jumat yang ditentukan tersebut, para toko online memberikan promo besar-besaran. Nah, Tokopedia ada kejutan spesial Ramadan Ekstra nih pada tanggal 25 Mei nanti, kejutannya masih rahasia, namanya juga kejutan, hehe. Tapi yang pasti kejutan tanggal 25 Mei kayaknya rugi banget buat dilewatin.

Mending sekarang pasang reminder di smartphone kalian masing-masing, buka Aplikasi Tokopedia pada 25 Mei nanti, dan siap-siap menyambut kejutan yang membuat Ramadan ekstra-mu jadi lebih spesial!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *