Baik Buruknya Reklamasi Bagi Lingkungan dan Masyarakat

Baik Buruknya Reklamasi – Beberapa waktu belakangan ini Indonesia diramaikan oleh berita ‘reklamasi’ ¬†yang terjadi di beberapa wilayah, diantaranya adalah dan Reklamasi Teluk Jakarta. Karena reklamasi ini dianggap menguntungkan pihak tertentu saja, maka pro dan kontra selalu terjadi.

Namun mungkin ada yang belum tahu apa itu reklamasi, pengertian reklamasi adalah upaya memanfaatkan lahan atau kawasan berair dan tidak berguna, kemudian dijadikan lahan baru yang berguna dengan cara pengeringan agar lebih bermanfaat. Sedangkan yang terjadi di Teluk Benoa dan Teluk Jakarta adalah, upaya mengurug kawasan pantai yang dianggap mengalami kerusakan dan tidak bisa diselamatkan kecuali dengan melakukan reklamasi untuk membuat lahan baru yang direncanakan untuk kepentingan perekonomian yang lebih baik.

Itulah kenapa banyak sekali pihak yang menentang keras reklamasi dengan dalih bahwa reklamasi justru akan membahayakan ekosistem laut, ataupun akan menjadi penyebab utama banjir. Seperti yang kita tahu, Jakarta adalah daerah yang rawan banjir, takutnya kalau dilakukan reklamasi justru akan malah menenggelamkan ibukota ini, begitu juga yang terjadi di Teluk Benoa.

Saya tidak akan bicara tentang apakah reklamasi di Bali dan di Jakarta ini harus dilakukan atau tidak, tapi ada baiknya kita lihat dulu beberapa hal berikut yang merupakan baik ataupun buruknya reklamasi.

Baik Buruknya Reklamasi Bagi Lingkungan dan Masyarakat

baik buruknya reklamasi
Foto credit: Ruangreklamasi.com

Beberapa Dampak Buruk Reklamasi

Reklamasi berarti mengubah secara paksa kondisi alam, khususnya di daerah pantai oleh manusia. Tentunya hal buruk yang mungkin terjadi adalah akan adanya kerusakan alam seperti ekosistem laut yang mati (ikan, kerang laut dll), rusaknya karang, hilangnya hutan Mangrove dan sebagainya. Dampak yang terjadi karena rusaknya ekosistem tentunya akan berdampak buruk bagi kehidupan di sekitar pantai ataupun para nelayan yang kemungkinan akan kehilangan mata pencaharian.

Selain ekosistem laut seperti ikan, kerang dan lain-lain yang terkena dampak reklamasi, hutan mangrove yang tergusur serta pola arus erosi pada pantai yang berubah dapat menyebabkan daerah di sekitaran area reklamasi tersebut menjadi mudah banjir.

Terlebih apabila daerah reklamasi tersebut kemudian diubah menjadi kawasan baru yang ekslusif dan bersifat komersil, dikuatirkan akan menjadi sekat yang lebih tinggi antara orang yang berduit dan masyarakat kurang mampu. Mereka yang mempunyai banyak uang mampu menikmati hasil reklamasi, membeli lahan dengan harga tinggi dan bisa memanfaatkannya dengan fasilitas yang mewah, sedangkan orang pinggiran akan menjadi lebih terpinggirkan, nelayan dan petani menjadi kehilangan mata pencaharian.

Manfaat dari Reklamasi

Reklamasi tentunya tidak akan dilakukan jika tanpa membawa manfaat, lahan baru yang dibuat dari proses reklamasi nantinya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk perekonomian seperti membangun pabrik, hotel ataupun tempat wisata sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Hal ini diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran, pengentasan kemiskinan maupun peningkatan kesehjahteraan masyarakat dengan banyaknya peluang usaha baru.

Selain itu, dengan adanya lahan baru sehingga diharapkan mampu mengurangi kepadatan penduduk. Lahan baru hasil reklamasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun apartemen maupun perumahan baru.

Dengan dilakukannya reklamasi diharapkan mampu menanggulangi persoalan abrasi atau erosi di daerah sekitar pantai, serta bisa membuat aliran sungai yang baru untuk mencegah banjir.

*****

Dengan adanya beberapa dampak yang baik ataupun buruk dari pelaksanaan reklamasi, untuk memutuskan apakah suatu daerah harus dilakukan reklamasi atau tidak, tentunya harus melalui penelitian maupun perencanaan yang sangat mendetail. Jika dilakukan dengan baik dan perencanaan yang matang tentunya akan membawa dampak baik yang merata, sebaliknya jika reklamasi tidak diperhitungkan dengan baik akan membawa dampak negatif bagi lingkungan. Oleh karena itu diperlukan kepedulian dan kerjasama dari banyak pihak.

Apapun yang pemerintah sedang rencanakan saat ini, baik itu soal di Bali ataupun reklamasi di jakarta, harapan saya adalah hanya yang sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat. Bukan untuk kepentingan beberapa pihak ataupun kepentingan untuk memperkaya diri sendiri. Dan semoga apapun keputusannya nanti, akan memmabawa dampak yang positif dan merata bagi kepentingan bangsa.

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *