Bahaya Mendengarkan Musik Terlalu Kencang

Setiap orang pasti suka mendengarkan musik, dan setiap orang juga pasti punya selera musik yang berbeda-beda. Pernahkah kalian saat sedang menyetel radio atau MP3 lalu saat giliran lagu yang kalian sukai kemudian mengencangkan volume hingga maksimal, niatnya sih pengen menikmati musik tersebut. Namun tahukah kalian kalau mendengarkan musik dengan volume yang terlalu tinggi ada dampak yang merugikan?

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang kemungkinan bisa timbul akibat mendengarkan musik terlalu kencang. 

1. Gangguan Pendengaran

Jika terlalu sering menyetel volume musik terlalu tinggi melebihi 90 desibel akan mengganggu gendang telinga, dan jika dibiarkan dalam jangka panjang akan menurunkan kemampuan pendengaran.

2. Gangguan Saraf

Mendengarkan musik terlalu keras dapat mengakibatkan gangguan saraf. Saraf telinga bisa mengalami kerusakan dan akan berdampak lebih luas jika kerusakan tersebut mencapai saraf otak.

3. Infeksi Telinga

Mendengarkan musik terlalu keras dengan menggunakan earphone, apalagi jika earphone tersebut bergantian dengan orang lain dapat menyebabkan perpindahan bakteri yang mengakibatkan infeksi.

4. Penurunan Konsentrasi

Saat mendengarkan musik terlalu kencang akan mengakibatkan konsentrasi jadi menurun, akan sangat mengganggu jika kalian di dalam pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Itulah bahaya yang bisa terjadi akibat mendengarkan musik terlalu kencang, terima kasih sudah membaca.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *