Bagaimanakah Hukum Islam Tentang Wanita Yang Memakai Wewangian / Parfum?

Jaman sekarang wanita berhijab memang bukan hal yang tabu lagi, bahkan hijab kini sudah menjadi salah satu pakaian wajib bagi beberapa wanita muslim. Hal ini erat kaitannya dengan semakin mengertinya orang-orang pada jaman sekarang tentang hukum syar’i yang sebenarnya. Artis-artis pun kini banyak yang berbondong-bondong berhijrah dari kemasan yang seksi menuju pakaian tertutup, syar’i dan sesuai dengan tuntunan menurut agama Islam yang sebenarnya. Subhanallah, semoga mereka yang berniat baik menuju kebaikan akan mendapat pahala dan keridhoan dari Allah SWT.

hukum islam wanita memekai wewangian
Sumber gambar: Kaskus
Namun ada satu hal lagi yang sering kita jumpai yang menurut hukum Islam masih kurang pas, yaitu hukum tentang memakai wewangian / parfum bagi wanita. Masih sering kita jumpai di beberapa tempat, banyak wanita yang telah menutup auratnya dengan hijab, sangat indah, namun masih kurang pas karena masih tercium bau wewangian / parfum yang mencolok. Lalu bagaimanakah hukum Islam tentang wanita yang memakai wewangian / parfum?
Disebutkan di salah satu hadist nabi:
أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ
“Di mana seorang wanita yang memakai wewangian / parfum kemudian lewat dia pada suatu kaum (keramaian) dengan tujuan agar kaum tersebut mencium bau wanginya, maka wanita tersebut dihukumi berzina” – HR Nasa’i fii kitabu zina.
Jadi berat hukumnya bila seorang wanita memakai wewangian yang mencolok dengan tujuan agar orang lain mencium baunya, maa wanita tersebut dihukumi berzina. Naudzubillahi min dzalik.
Terus gimana dong Om kalau tujuannya buat menghilangkan bau badan yang nggak enak?

Nah, bagaimana kalau si wanita memakai wewangian yang bertujuan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada tubuhnya. Jangan kuatir, di dalam Islam nggak hanya melarang ini dan itu tanpa ada sebab dan solusinya. Untuk urusan wanita yang memiliki bau yang nggak sedap, diperbolehkan memakai seperti bedak atau kosmetik yang bentuknya nyata namun wanginya nggak mencolok. Seperti yang disebutkan di salah satu hadist:
إن طيب الرجال ما خفي لونه وظهر ريحه ، وطيب النساء ما ظهر لونه وخفي ريحه
“Sebaik-baiknya wewangian bagi laki-laki adalah yang jelas baunya namun samar bentuknya, dan sebaik-baiknya wewangian bagi perempuan adalah yang jelas bentuknya namun samar baunya” – HR Termidzi.
Jadi wewangian yang baik untuk laki-laki adalah yang jelas baunya namun samar bentuknya, seperti parfum semprot, cair dan lain sebagainya. Sedangkan untuk wanita, wewangian yang dianjurkan adalah yang jelas bentuknya namun samar baunya, seperti bedak, kosmetik dan sebagainya. Kalaupun bau wanginya tidak boleh tercium lebih dari dua meter.
Jadi bagaimana nih buat para wanita muslimah yang sudah tampil cantik dengan hijabnya, alangkah lebih baik dan lebih pas kalau memperhatikan hukum tentang memakai wewangian bagi wanita menurut Islam. Semoga amal ibadah kita semua diridhoi oleh Allah SWT. Amin! Semoga tulisan saya kali ini bisa bermanfaat, terima kasih sudah menyempatkan membaca. 😀

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *