Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Jantung ? Ini Dia Solusinya

cara mengatasi penyakit jantung

Jantung adalah organ yang memiliki fungsi penting bagi manusia, karena jantung diperlukan untuk memompa darah keseluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan sebagai metabolisme tubuh. Oleh sebab itu jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Salah satu hal yang perlu dihindari adalah sakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan dapat memicu serangan jantung. Untuk itu anda perlu mengetahui bagaimana cara agar jantung tetap seha,t apa saja yang harus dihindari dan apa yang harus dilakukan agar jantung tetap dalam keadaan sehat. Penyakit-penyakit dapat mempengaruhi bagian manapun dari jantung tetapi penyakit yang paling umum adalah penyakit kronis pada arteria koroner yang biasa disebut dengan aterosklerosis. Oleh sebab itu sakit jantung paling banyak diderita oleh masyarakat ialah penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner.

Penyakit tersebut sering mengakibatkan serangan jantung pada seseorang yang dapat mengakibatkan kematian penyebab utama dari penyakit ini adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner. Dimana pembuluh tersebut berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan tersebut disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Penumpukan tersebut mengakibatkan pembuluh darah koroner menjadi kaku. Pembuluh darah koroner yang kaku tersebut dikenal dengan nama aterosklerosis.

Apabila telah merasakan gejala – gejala awal dari sakit jantung atau pun pernah mengalami serangan jantung ringan ada baiknya jangan diabaikan. Segera lakukan penanganan sejak dini untuk menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah. Semakin banyak otot jantung yang terselamatkan maka jatuh akan kembali memompa atau menjalankan fungsinya lagi setelah serangan. Apabila terjadi penyumbatan tindakan medis yang umumnya diambil adalah dengan pemasangan kateterisasi dan cincin yang menjaga agar pembuluh darah koroner tidak tersumbat. Akan tetapi kemungkinan akan terjadi penyumbatan pada pembuluh lainnya.

Melihat berharganya organ jantung untuk kelangsungan hidup, untuk itu segera perbaiki gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang sehat. Mulailah menikmati makanan yang sehat, bergizi dan juga rendah kolesterol. Hindari mengkonsumsi makanan pemicu penyakit jantung seperti makanan yang mengandung banyak kalori yang mengakibatkan obesitas pemicu penyakit jantung.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *