Baca 6 Tips Berikut Ini Sebelum Memutuskan Untuk Kredit Motor

Saya pernah melakukan dari beberapa motor yang saya punya, karena memang kebetulan saya tinggal di Surabaya. Dari beberapa kali menjalankan kredit motor, ada beberapa hal yang mungkin bisa jadi pelajaran penting. Pelajaran-pelajaran tersebut akan saya rangkum dalan 6 tips aman kredit motor. Karena seperti yang kita tahu, kredit motor saat ini cukup mudah dilakukan, terlebih dengan syarat yang ringan membuat kita terkadang gegabah memutuskan mengambil kredit motor tanpa memikirkan aspek kerugian yang mungkin dialami di belakang.

Adapun beberapa tips aman kredit motor adalah:

1. Tentukan Tujuan Kredit motor

Hal pertama yang penting banget diingat sebelum melakukan kredit motor adalah, tentukan dulu apa tujuan dari kredit motor tersebut. Ada orang yang sengaja kredit motor untuk keperluan penunjang aktifitas, seperti untuk transportasi pulang dan pergi kerja agar mudah dan cepat sampai. Ada juga yang memanfaatkan motor untuk keperluan usaha, seperti misalnya driver ojek online, perusahaan ekspedisi yang membutuhkan motor untuk pengiriman barang dan lain sebagainya. Jika memang tujuannya untuk penunjang aktifitas dan sifatnya cukup penting, melakukan kredit motor mungkin bisa jadi salah satu alternatif jika pembelian dengan tunai tidak memungkinkan.

2. Tentukan Jenis Motor yang Ingin Diambil

Ada banyak sekali jenis motor yang beredar di pasaran, tentunya setiap jenis motor memiliki fungsinya masing-masing. Seperti misalnya motor sport yang dibuat untuk mereka yang suka berkecepatan tinggi. Motor bebek yang umumnya digunakan untuk keperluan transportasi keluarga, dan yang terbaru adalah jenis matic yang awalnya adalah motor untuk wanita karena tidak membutuhkan perseneling untuk pindah gigi. Namun seiring banyaknya peminat motor matic, kini bermacam jenis matic dari yang berbodi macho, matic sport hingga matic beroda tiga dengan bak di belakang untung mengangkut barang.

Jenis motor apa yang ingin diambil dengan menggunakan kredit inilah yang cukup perlu diperhatikan, jangan hanya karena gengsi atau ingin terlihat gaya, kita menjadi salah pilih yang justru akan membuat kita rugi. Bukannya terbantukan dengan adanya motor baru, malah disusahkan dan cicilan motor menjadi over budget.

Salah satu contoh misalnya, membutuhkan motor matic dengan bagasi dan bodi lebar untuk membawa barang, malah kredit motor sport yang ribet banget kalau untuk membawa barang, serta harganya jauh lebih mahal. Bukannya untung malah buntung.

3. Tentukan Perusahaan Kredit Motor yang Terpercaya

Ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan kredit motor, terlebih saat ini banyak tawaran yang bisa diambil dengan syarat sangat mudah. Bahkan ada beberapa yang berani memberikan jaminan pasti lolos ACC. Jangan juga langsung tergiur dengan harga murah,

Namun bukan berarti perusahaan yang memberikan model seperti itu adalah perusahaan abal-abal yang pasti melakukan penipuan terhadap customernya. Karena perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki kredibilitas tinggi juga ada yang menawarkan kemudahan dalam kredit motor, serta dengan uang muka 0 Rupiah.

Hal yang paling penting adalah bagaimana kita bisa menentukan perusahaan kredit motor yang terpercaya, serta aman agar tidak muncul biaya-biaya lain yang justru akan memberatkan kita nantinya. Cara paling gampang untuk melihat bagaimana perusahaan tersebut bisa dipercaya adalah dengan melihat jam terbang serta testimoni-testimoni dari customer yang puas dengan pelayanan mereka.

4. Pilih Program Kredit Motor yang Terbaik

Setelah menentukan perusahaan kredit mana yang akan kita pakai, tips berikutnya adalah menentukan program kredit motor terbaik mana yang akan kita pilih. Tentunya program dengan biaya yang pastinya lebih ringan. Biasanya perusahaan kredit motor memberikan beberapa opsi dengan keuntungan berbeda, seperti misalnya dengan program kredit yang sama, jika menggunakan bank A maka akan mendapatkan cicilan lebih ringan.

Atau ada juga beberapa perusahaan kredit motor yang memberikan cashback, sehingga budget yang seharusnya kita keluarkan bisa terpotong dan lebih ringan. Dengan melakukan survei dari beberapa penawaran yang diberikan, akan dapat membuat kita jadi lebih untung dan tidak over budget.

5. Analisa Apakah Ada Biaya Tambahan yang Mengakibatkan Over Budget

Di dalam kredit apapun, tidak hanya motor, terkadang ada beberapa biaya tambahan yang tidak terduga. Seperti biaya administrasi, biaya pajak dan lain-lain. Hal ini perlu kita tanyakan langsung ke perusahaan kredit motor yang ingin kita pakai. Hitung dan analisa kembali, apakah biaya-biaya tambahan yang kemungkinan muncul masih dalam range aman dari budget kita. Jika ternyata biaya lain-lain tersebut ternyata jumlahnya cukup besar dan melebihi dari budget yang kita siapkan. Alangkah baiknya coba cari kembali perusahaan mana yang tidak memberatkan dalam pembiayaan.

Atau kalaupun ternyata usaha kita mentok dan masih over budget, hal yang sebaiknya dilakukan adalah menimbang kembali untuk memilih motor dengan spesifikasi lebih rendah yang sesuai dengan budget kita.

6. Pastikan Perusahaan Kredit Motor Memiliki Asuransi

Hal berikutnya yang cukup penting untuk diperhatikan adalah apakah kredit motor yang akan kita ambil dilindungi oleh asuransi. Salah satu keuntungan dalam kredit motor adalah, motor kita dilindungi oleh asuransi selama dalam masa cicilan. Jadi jika terjadi sesuatu dalam masa cicilan, misalnya kecelakaan, terkena bencana alam atau hilang karena pencurian. Kita bisa mendapat ganti, entah itu ganti motor baru ataupun dalam bentuk cash.

Dengan demikian kita akan merasa lebih aman dalam melakukan kredit motor.

Dari beberapa tips yang saya bagikan di atas, ada cara yang paling mudah untuk menentukan cicilan motor. Adalah dengan mengeceknya di alamat website tinggal masukkan beberapa poin yang ingin kita pilih. Cekaja.com akan memberikan kita pilihan terbaik untuk kredit motor anda.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *