Apa Itu Digital Marketing?

Dulu masyarakat banyak mendengar dan mengetahui tentang advertising, yakni usaha jasa yang membantu sebuah brand untuk mengiklankan produknya. Baik itu melalui media koran, majalah, poster, baliho di pinggir jalan, atau bahkan media elektronik seperti radio dan televisi. Namun saat ini jaman sudah berubah, era teknologi digital mau tidak mau sudah mulai menguasai pasar dan menjadi kebutuhan bagi hampir setiap lapisan masyarakat.

Contoh kecil misalkan kalau dulu orang ingin mencari berita ter-update saat itu, media yang dicari pasti koran harian. Setiap pagi keluar rumah ke kios atau penjual koran di lampu merah, atau kalau tidak mau repot bisa berlangganan koran tertentu. sedangkan saat ini, hanya dengan membuka portal berita di internet, segala jenis informasi, bahkan dari belahan dunia manapun bisa kita dapatkan dengan sangat mudah. Bahkan kalau berita tersebut menarik, bisa kita share di sosial media dan mendiskusikannya bareng teman. Dan semua dapat dilakukan hanya dari genggaman tangan, tanpa harus keluar rumah, tanpa harus ribet mandi-dandan, dan lain sebagainya.

Atau kalau lagi bete dan kepengen banget nonton hiburan, televisi adalah satu-satunya media yang menyediakan tontonan yang menghibur. Tapi bagaimana kalau bosen sama semua acara televisi? Kalau dulu saya sih pergi ke rental CD/DVD buat nyari film yang pas buat suasana hati saat itu.

Beda dengan sekarang, ada media seperti Youtube yang menawarkan banyak sekali tontonan yang menarik. Bisa dibilang, hampir semua tontonan yang kepengen kamu lihat ada di sana. Acara-acara hiburan seperti talkshow, liputan, bahkan sampai vlog dari berbagai belahan dunia juga bisa kamu temukan. Kepengen nonton film, pun sekarang ada film streaming yang bisa kamu nikmati bahkan hanya dari genggaman tangan loh.

Nah, perubahan habbit masyarakat yang mulai meninggalkan kebiasaan konvensional menuju ke gaya hidup instan inilah yang kemudian menjadikan internet menjadi media yang banyak dilirik brand untuk mempromosikan produk mereka. Selain itu cakupan internet juga lebih luas dibandingkan media-media konvensional.

Dari sanalah akhirnya muncul istilah Digital Marketing.

digital marketing

Keuntungan Digital Marketing dibandingkan marketing konvensional adalah:

  1. Cakupan wilayah maupun waktu lebih luas, karena bisa diakses oleh siapapun di belahan dunia manapun. Selain itu juga bisa diakses kapanpun. Meskipun konten diunggah beberapa tahun yang lalu, selama tidak dihapus, konten tersebut akan tetap bisa diakses
  2. Biaya relatif murah
  3. Proses mudah dan cepat
  4. Penargetan pasar lebih mudah dilakukan
  5. Pilihan konten lebih banyak variasi
  6. Dan lain sebagainya

Bagi mereka yang mau mengikuti perkembangan teknologi, dengan merambah ke digital marketing akan mampu mengikuti pasar. Beda ceritanya kalau kekeuh tetap bertahan dengan, cara-cara konvensional. Jangan salahkan jika mereka akan tergerus oleh jaman. 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *