Aneka Menu Yang Terdapat Di Angkringan

Siapa yang belum tahu angkringan? Menurut Wikipedia sih, angkringan yang berasal dari kata angkring yang berarti nongkrong atau duduk santai, adalah sebuah gerobak dorong yang menjual berbagai makanan dan minuman yang biasa terdapat di pinggir ruas jalan daerah Jawa Tengah atau Jogjakarta.

angkringan jogja
Sunber gambar: duniaperpustakaan.com

Namun kini angkringan nggak hanya ada di Jawa Tengah saja, trend-nya sudah menyebar di mana-mana. Seperti halnya di Surabaya. Saat ini hampir di setiap pojok kota terdapat ‘angkringan’, bahkan beberapa ada yang menggunakan sistem franchise. Nongkrong di angkringan pun kini menjadi alternatif paling digemari untuk sekadar ngopi atau nongkrong bareng teman.

Saya akan share beberapa menu yang biasanya ada di angkringan. Let’s cekidot!!

1. Kopi Joss / Kopi Arang

kopi joss
sumber gambar: aboutmylifedanskenarionya.blogspot.com

Kopi joss layaknya kopi biasa, namun bedanya adalah di dalam  kopi ini dimasukkan bara arang. Jadi setelah kopi sudah jadi dibuat, bara arang yang masih menyala dimasukkan ke dalam cangkir kopi tersebut sehingga keluar seperti suara “jooosss…” kemudian langsung ditutup. Katanya sih ada efek bagus buat tubuh, selain itu rasanya jadi sedikit beda. Ada sensasi bau arang yang menambah kenikmatan. Selain kopi hitam, kopi joss juga bisa dibuat dari kopi susu.

2. Sego Kucing / Nasi Kucing

nasi kucing, angkringan
Sumber gambar: linatussophy.wordpress.com

Menu andalan kedua dari angkringan adalah sego kucing atau nasi kucing. Tenang saja, nasi kucing di sini bukan berarti makan nasi pake lauk kucing, atau nasi bekas makanan kucing kok. Tapi  istilah nasi kucing adalah untuk menu nasi untuk pelengkap nongkrong di angkringan. Isinya nasi biasa, biasanya terdapat sambal, ikan asin dan bawang goreng. Porsinya yang beda, nasinya sedikit banget, sekali hap langsung habis. Nasi dibungkus pake daun pisang kemudian sebelum disajikan dibakar di atas arang terlebih dahulu. Nasi kucing ini memang bukan menu buat makan berat, tapi untuk sekadar cemilan atau makan ringan. Jadi kalau mau makan berat yah, pesen nasi goreng aja, hehehe. Sebagai pendamping nasi kucing ini ada berbagai macam lauk / jajanan.

3. Aneka Jajanan / Lauk

nasi kucing
Sumber gambar: tribunnews.com

 Aneka jajanan atau lauk ini biasanya sebagai pelengkap nasi kucing, atau untuk sekadar cemilan juga bisa. Macamnya pun banyak banget. Ada sate telor puyuh, sate usus, sate cecek, sate kerang, sate ceker, tahu dan tempe bacem, serta banyak lagi aneka jajanan yang pastinya nikmat untuk teman nongkrong. Aneka jajanan tersebut juga dibakar di atas arang terlebih dahulu sebelum disajikan.

Selain beberapa menu di atas juga ada yang menyajikan menu pelengkap lainnya seperti kerupuk, minuman sinom atau jamu, dan lain-lain.

Tertarik untuk mencoba nongkrong di angkringan? Dijamin betah deh berlama-lama. 😀 Terima kasih sudah mampir ke Blog Om El!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *