Anak Muntah dan Diare saat Bepergian Jauh, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bepergian jauh adalah kegiatan yang membuat anak senang dan bersemangat. Terlebih lagi jika tempat tujuan merupakan tempat favorit Si Kecil. Sayangnya, ada tantangan tersendiri bagi orang tua ketika mengajak anak untuk bepergian jauh. Salah satunya adalah munculnya masalah pencernaan seperti muntah dan diare ketika sedang di perjalanan bahkan sesudahnya.

Tidak hanya membuat orang tua panik dan repot, muntah dan diare saat bepergian dapat membuat anak lesu, tidak bersemangat bahkan dapat memicu terjadinya dehidrasi. Yuk kenali muntah dan diare saat bepergian dan cara mencegahnya!

Mengapa Anak Muntah dan Diare saat Bepergian Jauh?

Pada dasarnya, anak yang mengalami muntah dan diare saat bepergian jauh merupakan hal yang umum terjadi. Dilansir dari klikdokter.com, rasa mual yang dirasakan anak terjadi karena adanya respon dari sistem vestibular mengenai apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitarnya. Perlu diketahui bahwa sistem vestibular merupakan sistem yang ada pada bagian telinga dalam serta otak yang bertugas mengolah informasi mengenai keseimbangan tubuh serta gerakan mata.

Sistem vestibular baru aktif secara menyeluruh ketika anak berusia dua tahun. Artinya di usia ini anak sudah lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Kondisi inilah yang akan diteruskan ke otak melalui saraf kaki dan tangan, telinga, hingga mata.

Singkatnya, anak dapat merasa mual dan berakhir muntah karena ia melihat semua benda bergerak sedangkan ia hanya duduk di kursi mobil. Jalan yang berkelok atau gelombang air laut yang dahsyat membuat keseimbangan tubuhnya terganggu. Pergerakan mata dan tubuhnya yang cenderung diam tersebutlah yang akan membuat sistem vestibular aktif dan memicu terjadinya pusing, mual dan muntah.

Sedangkan diare yang dialami anak ketika sedang bepergian jauh kemungkinan besar disebabkan oleh adanya kesalahan dalam mengonsumsi makanan selama perjalanan. Makanan dan minuman yang tidak terjamin kebersihannya selama perjalanan memungkinkan terjadinya paparan bakteri melalui asupan tersebut. Hal ini juga dapat memicu masalah pencernaan, salah satunya ada diare.

Persiapan untuk Mencegah Anak Muntah Ketika Bepergian Jauh

  1. Sesuaikan dengan jam tidur Si Kecil. Hal ini cukup efektif untuk mengatasi muntah pada anak saat bepergian jauh. Jika memungkinkan, pilihlah jam keberangkatan yang bertepatan dengan jadwal tidur anak.
  2. Sediakan makanan ringan agar Si Kecil tidak bosan. Pastikan Si Kecil bepergian dengan perut terisi. Namun jangan sampai terlalu kenyang karena justru akan menyebabkan mual dan muntah.
  3. Jangan lupa membawa kantung plastik berukuran kecil. Kantung plastik merupakan barang serbaguna yang pasti berguna saat perjalanan, termasuk untuk menampung isi perut ketika Si Kecil muntah.
  4. Hindari penggunaan parfum yang berlebihan. Baik parfum untuk badan maupun pengharum mobil, pilihlah yang aromanya soft sehingga tidak menusuk hidung dan membuat pusing.
  5. Membawa obat-obatan. Jika anak sudah berusia lebih dari dua tahun, ibu bisa memberikan obat antihistamin yang diminum sebelum berangkat. Bawa juga obat lain seperti obat diare dan minyak kayu putih jika perlu.

Persiapan untuk Mencegah Anak Muntah Ketika Bepergian Jauh

  1. Selalu membersihkan tangan dan makanan terlebih dahulu sebelum makan di tengah perjalanan. Jika memungkinkan, ajak Si Kecil untuk mencuci tangan dengan sabun.
  2. Membawa hand sanitizer.
  3. Jika ingin membawa susu, pastikan susu yang dibawa berukuran untuk sekali minum.
  4. Cucilah buah atau sayur yang akan dijadikan bekal di perjalanan.
  5. Bekal makanan berupa lauk pauk dikonsumsi dengan jarak yang tidak terlalu lama dari waktu pemasakan.
  6. Mengenakan diapers pada anak (jika masih balita).
  7. Membawa obat diare, seperti dan lain sebagainya. Anak di atas usia 6 tahun boleh mengkonsumsi entrostop sesuai dengan dosis yang tertera.

Selamat menikmati perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *