3 Alasan Orang Tidak memulai Usaha Sendiri

Menjadi seorang pengusaha adalah mimpi hampir setiap orang, karena banyak diantara pengusaha-pengusaha yang sudah sukses terlihat memiliki kehidupan yang sempurna. Sempurna di mata orang lain, bukan berarti sempurna di mata si pengusaha tersebut. Untuk menjadi pengusaha yang sukses tentunya tidak seketika itu terjadi, ada perjuangan berat dan berdarah-darah di masa sebelumnya.

Sukses itu membutuhkan perjuangan yang sangat keras, hal tersebut pasti sudah terlalu sering hinggap di telinga kita. Tapi kita nggak akan pernah tahu dan merasakan betapa kerasnya perjuangan seorang pengusaha sebelum kita melakukannya sendiri.

Ada beberapa alasan yang sering terlontar ketika seseorang ditanya, kenapa tidak memulai ‘usaha’?

Takut Gagal

Alasan yang paling banyak terlontar biasanya takut, dalam artian takut gagal di dalam usahanya kemudian menjadi bangkrut dan miskin. Barangkali ada beberapa orang yang karena takut gagal, mereka menjadikan usaha-nya tersebut sebagai usaha sampingan. Setiap hari bekerja di perusahaan orang lain, di sela-sela waktunya digunakan untuk menjalankan usahanya tersebut. Beberapa mungkin kemudian menjadi berhasil, tapi tidak sedikit pula yang mengeluh dan mengatakan usaha-nya kurang menghasilkan.

Kalau ‘usaha sampingan’ tersebut menjadi usaha yang kurang menghasilkan, ya jangan mengeluh kalau ternyata intensitas dalam mengembangkannya pun setengah-setengah. Penyebab utamanya sih biasanya karena sudah merasa comfort dengan pendapatan bulanannya. Usaha-nya dijalankan ala kadarnya, asal masih bisa makan dari uang gajian. Tapi pertanyaannya adalah, SAMPAI KAPAN?

Beda ceritanya dengan mereka yang memang mencurahkan seluruh waktunya untuk menjalankan usaha-nya. Karena memang sumber pendapatannya dari situ, mau tidak mau dia harus mati-matian untuk mengembangkan usaha-nya. Dan yang kerap terjadi adalah, seseorang yang berjuang mati-matian di dalam usaha-nya sendiri mempunyai penghasilan yang lebih besar dari dia yang masih stuck di zona nyamannya.

Jadi kira-kira grafik penghasilan seorang pengusaha VS karyawan adalah seperti gambar di bawah ini.

alasan orang tidak memulai usaha
Grafik penghasilan pengusaha vs karyawan

Garis hitam adalah grafik penghasilan untuk orang yang berjuang mati-matian untuk mengembangkan usahanya, pada tahun-tahun pertama memang penghasilannya kalah jika dibandingkan dengan yang bekerja di perusahaan orang lain. Namun dengan kegigihan, kerja keras serta strategi yang cerdas, dia mampu melonjak tinggi di tahun-tahun berikutnya. Sedang bagi mereka yang bekerja sebagai karyawan, masih berada di zona nyaman, sampai pada saatnya nanti penghasilannya akan turun drastis entah itu karena PHK, kecelakaan kerja atau telah memasuki usia pensiun.

Tidak Tahu Caranya

Alasan kedua yang kerap terlontar saat ditanya kenapa tidak memulai usaha sendiri adalah, ketidak tahuan mereka dalam memulai suatu usaha. Memang harus diakui, tidak semua orang beruntung mengetahui bagaimana caranya menjadi seorang pengusaha. Bagi orang yang berani bertindak, mereka akan nekat terjun dan mengalami yang namanya trial and error. Berkali-kali mengalami kegagalan, namun bukan kegagalan dan keputus asaan yang mereka dapat, melainkan pelajaran baru untuk menjalankan usaha dengan lebih baik. Sampai pada saatnya mereka berada di satu titik dimana strategi dan pemasaran adalah hal yang terlalu gampang untuk mereka.

Sedangkan bagi mereka yang tidak mau berusaha, ketidak-tahuan akan selalu menjadi momok yang terus menghantui setiap jalan mereka. Nggak tahu dan nggak mau berusaha mencari tahu, selamanya akan berada di satu titik. Stuck dan nggak akan pernah maju.

Banyak hal yang sebenarnya bisa kalian lakukan kalau kalian tidak tahu. Jaman sekarang, teknologi informasi dan data adalah hal yang sudah sangat menjamur di masyarakat umum. Salah satu yang bisa kalian lakukan adalah mencari tahu lewat internet. Selain itu mencari mentor juga akan sangat memudahkan kalian dalam memulai usaha, terlebih saat ini ada banyak pelatihan-pelatihan usaha yang diadakan oleh pengusaha-pengusaha yang sudah sukses. Dengan mengikuti pelatihan tersebut, selain mendapat ilmu kalian juga akan mendapat banyak relasi pengusaha yang ke depannya akan membantu kalian dalam networking.

Tidak Adanya Modal

Harus diakui, setiap usaha pasti membutuhkan modal. Entah itu modal dalam bentuk uang, pengetahuan, skill, ataupun yang lainnya. Tapi seperti yang saya bilang tadi, sekarang jamannya teknologi informasi dan data. Segala hal bisa dilakukan dengan mudah. Modal uang masih minim, tidak punya tempat, atau tidak mau rugi terlalu besar? Kenapa tidak usaha online?

Emang usaha online bisa menjanjikan?

Bagi mereka yang belum mengenal bisnis online atau usaha yang berbasis internet, pasti banyak yang underestimate dengan mengatakan usaha online hasilnya sedikit, tidak menjanjikan dan lain sebagainya. Padahal saat ini banyak sekali orang yang berhasil dan menjadi kaya hanya dengan menjalankan bisnis berbasis online.

Contoh paling nyata misalnya Jack Ma, seorang pengusaha asal China yang sukses berjualan online di Alibaba. Lalu di Indonesia sendiri jangan ditanya, banyaaaaaaak!! Salah satu yang sempat menarik perhatian masyarakat Indonesia beberapa waktu lalu adalah Habibie afsyah. Seorang penyandang difabel yang menghasilkan ribuan dollar setiap bulannya dengan menjalankan internet marketing. Banyak media televisi yang meliput dirinya. Kemudian ada bu Dina dari malang, yang sekarang bisa menghasilkan puluhan juta setiap bulannya dengan berjualan melalui Tokopedia. (Baca cerita selengkapnya di sini)

Emang saya bisa yah jadi seperti mereka?

#Plaak!!! Pertanyaan tersebut adalah tamparan buat kita. Jawaban pastinya adalah: kalau mereka bisa, kenapa kita tidak?

Allah sudah mengatur rejeki tiap-tiap umatnya, artinya saya nggak menjamin dengan effort yang sama kalian bisa mendapat hasil yang sama dengan orang-orang yang saya sebutkan tadi. Bisa di bawahnya, atau bahkan bisa di atas mereka. Tapi yang pasti, manusia wajib berusaha. Allah menyukai orang-orang yang kuat dan mau bekerja keras.

Di artikel selanjutnya, saya akan menulis 5 Jenis Usaha Online yang Sedang Populer Saat Ini.

Itulah beberapa alasan yang biasanya dilontarkan orang ketika ditanya, kenapa tidak memulai usaha sendiri. Terima kasih sudah membaca, semoga artikel yang saya tulis kali ini bermanfaat. 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *