Berikut 12 Alasan Yogyakarta Pantas Dijadikan Destinasi Wisata Bagi Anda

Liburan dengan berkunjung ke berbagai tempat wisata adalah hal yang paling menyenangkan untuk mengisi waktu libur Anda. Segala beban pikiran selama Anda bekerja atau bersekolah pun akan tercurahkan dan hilang saat liburan. Apalagi kalau liburan Anda dilakukan bersama dengan keluarga.

Namun, terkadang Anda sering mengalami kesulitan dalam menentukan tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Pasalnya, hal ini memerlukan pertimbangan khusus seperti transportasi, biaya wisata, hingga penginapan, yang pastinya Anda tak ingin salah pilih dalam menentukannya.

Jogja
Sumber gambar: https://img.okezone.com/content/2018/08/25/406/1941379/tinggi-tugu-jogja-sudah-susut-10-meter-kok-bisa-ohSmNUH4nZ.jpg

Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk bisa dijadikan destinasi wisata bagi Anda adalah Yogyakarta. Alasannya karena Yogyakarta menyimpan sejuta keindahan dari mulai peninggalan sejarah, flora dan fauna, hingga pemandangan alam yang sangat mengesankan untuk Anda kunjungin.

Selain itu, Anda tak perlu bingung dengan transportasi dan biaya hidup di sana. Sebab Jogja termasuk kota besar dengan biaya wisata termurah dibanding kota-kota lainnya. Sangat cocok bukan bagi Anda yang hobi traveling atau sekadar ingin melepas penat di waktu liburan?

Traveler, berikut ini 12 alasan Yogyakarta pantas dijadikan sebagai destinasi wisata bagi Anda:

1. Memiliki Banyak Wisata Perbukitan

Siapa sih yang tak mau berwisata di daerah perbukitan yang masih hijau, asri dan tentunya sangat nyaman untuk ditinggali? Ya, perbukitan dengan suasana seperti itu disuguhkan di beberapa tempat di propinsi Yogyakarta.

Dengan hamparan padang rumput yang hijau, dan ada juga yang dipadukan dengan nuansa laut yang biru serta gunung yang menjulang tinggi, membuat para wisatwan betah untuk memijaki bumi Yogyakarta ini. Beberapa perbukitan yang dijadikan sebagai destinasi wisata di Jogja di antaranya Bukit Pengilon, Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo Gumelem, Bukit Teletubbies, Bukit Kali Kuning, Bukit Cendana, Bukit Lintang Sewu, Bukit Parang Endog, Bukit Bintang Jogja, Bukit Bego Imogiri, Bukit Kosakora Gunung Kidul, Bukit Klangon, dan masih banyak wisata perbukitan lainnya.

2. Memiliki Banyak Wisata Gunung

Selain wisata perbukitan, Jogja juga terkenal dengan wisata gunungnya, seperti Gunung Lanang Kulon Progo, Gunung Ijo Kulon Progo, Gunung Gentong Gedangsari, Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Ireng Yogyakarta, dan gunung lainnya. Jogja yang terletak di sebelah selatan pulau Jawa ternyata juga menyimpan sedertan gunung byang digunakan sebagai pariwisata.

3. Memiliki Banyak Wisata Pantai

Pantai di Jogja sangatlah cantik dengan laut yang berwarna biru dan pasir pantai yang rata-rata berwarna putih menghiasi bibir pantai. Terdapat beberapa pantai yang dipasangi jembatan sebagai sarana untuk menuju pulau sebrang, seperti di Pantai Timang. Pantai yang dijadikan tempat wisata di Jogja adalah Pantai Goa Cemara Bantul, Pantai Bugel, Pantai Timang, Pantai Baros, Pantai Parangendog, Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Pulau Kalong, Pantai Indrayanti, Pantai Sedahan, Pantai Siung, Pantai Watu Lumbung, Pantai Sundak, Pantai Sandranan, Pantai Jungwok, Pantai Ngelambor, dan pantai lainnya.

4. Memiliki Banyak Wisata Air Terjun

Wisata perairan lainnya di Jogja adalah air terjun. Berbagai bentuk air terjun dapat kita nikmati di daerah istimewa ini. Mulai dari air terjun yang curam, lebar hingga yang menjulang tinggi. Anda bisa menemukannya di mana saja tempat tujuan wisata Anda.

Beberapa air terjun di Jogja antara lain Air Terjun Perawan Sidoharjo, Air Terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Setawing, Air Terjun Seribu Batu, Air Terjun Randusari, Air Terjun Tuwondo, Air Terjun Sri Gethuk.

5. Memiliki Wisata Istana yang Beraneka Ragam

Istana yang digunakan sebagai destinasi wisata di Jogja memang lumayan banyak, mulai dari yang bersifat kuno hingga kekinian, seperti Keraton (istana) Ngayogyakarta dan The Lost World Castle. Hingga saat ini, tahta pemerintahan di Keraton Jogja masih berjalan dengan lancar. Semua kegiatannya dikhususkan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat di dalam Keraton.

Hal inilah yang membuat Jogja menjadi istimewa, budayanya tak pernah lekang digerus jaman. Keraton Yogyakarta inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengenal budaya dan seni luluhur. Sedangkan The Lost World Castle merupakan wisata berbentuk istana seperti layaknya istana-istana di negera Eropa. The Lost World Castle juga tak kalah dengan Keraton. Karena meskipun baru dibangun pada tahun 2016, tempat wisata ini sudah memiliki banyak pengunjung setiap harinya

6. Memiliki Banyak Wisata Museum peninggalan sejarah

Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu bangunan peninggalan colonial Belanda yang ada di Yogyakarta. Museum atau benteng ini sangat terkenal dengan dihiasi beberapa karya seni, patung, lukisan, bangunan dan berbagai macam senjata di dalamnya. Semuanya berasal dari peninggalan zaman Belanda. Selain Museum Benteng Vredeburg, ada pula Museum De Mata, Museum Affandi, Museum De Arca, Museum Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu, dan museum lainnya.

7. Memiliki Wisata Masjid

Wisata masjid di Jogja tak kalah menarik dengan wisata masjid di daerah lain di Indonesia. Wajar saja Indonesia memiliki banyak wisata masjid. Sebab Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Beberapa wisata masjid di Jogja adalah Masjid Kotagede Yogyakarta, Masjid Syuhada, Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Masjid Besar Pakualaman Kota Yogyakarta, dan Masjid Kampus UGM.

8. Memiliki Sejumlah Wisata Lainnya yang tak Kalah Menarik

Selain wisata yang telah disebutkan sebelumnya, ternyata masih banyak sekali wisata lainnya (wisata alam maupun wisata buatan) yang tak kalah menarik. Seperti wisata goa, jembatan, wisata desa, kebun binatang, pasar, pasar malam, dan masih banyak lagi.

9. Pusat Oleh-oleh Termurah

Setiap kali Anda bepergian pasti ingin sekali membawa oleh-oleh bukan? Nah, di Jogja ini, Anda tak perlu khawatir. Karena akan ada banyak oleh-oleh seperti kerajinan tangan, dompet kulit, tas, pakaian batik, hingga aksesoris lainnya yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 5.000.

Pusat oleh-oleh terlengkap di Jogja terdapat di kawasan Malioboro, tempat wisatawan jalan-jalan untuk hunting oleh-oleh khas Jogja.

10. Makanan dan Jajanan Murah

Liburan belum lengkap jika belum membawa jajanan khas Jogja yang terkenal murah meriah. Jajanan yang dikemas dengan cantik ini bisa Anda cari di sekitar kawasan Malioboro. Tentunya di berbagai toko pusat oleh-oleh makanan khas Jogja. Tipsnya adalah Anda harus lebih selektif dalam memilih tempat oleh-oleh yang murah.

Oleh-oleh dalam bentuk makanan yang menjadi ciri khas ke Jogja adalah bakpia pathok dengan varian rasa. Harganya mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 80.000.
Selain oleh-oleh makanan, Jogja juga menawarkan kepada Anda hidangan untuk makan pagi, siang dan malam yang tak kalah enaknya dengan makanan khas kota lain, seperti gudeg. Dan yang terpenting adalah murah. Saking murahnya, biasanya para wisatawan dalam sehari hanya mengeluarkan uang makan sebesar Rp 50.000 saja.

Biasanya makanan termurah terletak di sepanjang Malioboro, yang nantinya Anda pasti akan menemukan banyak sekali angkringan dan pedagang kaki lima dengan beraneka macam menu makanan yang menggugah selera.

11. Harga Penginapan Terjangkau

Penginapan menjadi tempat terpenting untuk dipertimbangkan lebih utama. Karena akan digunakan sebagai tempat peristirahatan selama berlibur di tempat wisata, khususnya Jogja. Harga penginapan di Jogja sekitar Rp 50.000 ke atas untuk satu malam. Bentuk penginapannya pun bermacam-macam, mulai dari homestay, vila hingga hotel.

Sebenarnya dalam mencari penginapan di Jogja tak perlu pergi ke hotel yang mahal. Cukup gunakan smartphone Anda untuk membuka aplikasi pesan hotel online yang murah dan nyaman.

12. Transportasi Mudah dan Murah

Meski transportasi di Jogja tak sebanyak di kota Bandung atau Jakarta, namun Anda tak perlu bingung mau naik apa selama di Jogja. Apalagi kalau Anda berliburnya rame-rame dengan keluarga. Alternatif terbaiknya adalah dengan menyewa (rental mobil) OMocars, dengan cara .

Anda bisa memilih mobil dengan kapasitas sesuai dengan yang Anda butuhkan. Biaya rentalnya pun sangat murah yakni mulai dari Rp 250.000 per hari. Anda bisa menentukan pilihan setir sendiri atau sewa driver. Pelayanannya pun sangat mudah. Anda bisa ambil – kembalikan di Bandara / Stasiun / tempat tertentu. Sehingga tak perlu menghambur-hamburkan hanya untuk biaya transportasi saja.

So, demikian 12 alasan Yogyakarta pantas dijadikan sebagai destinasi wisata bagi Anda. Apakah Anda masih ragu dengan keputusan untuk berlibur ke Jogja? Jika Anda berlibur ke Jogja, pasti Anda tidak akan menyesal dan sangat bahagia karena bisa berlibur namun tetap berhemat.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *