Agar Anak Tidak Mudah Mengakses Video Dewasa di Youtube Android

Agar Anak Tidak Mudah Mengakses Video Dewasa di Youtube Android – Tahu nggak sih kalau akses internet sekarang sangat-sangatlah mudah, bahkan oleh anak-anak sekalipun. Bagi para orangtua, hal ini tentunya menjadi kekuatiran, dimana anak-anak bisa mengakses konten-konten yang belum semestinya mereka konsumsi. Sedangkan dampak dari ‘terbiasa’-nya melihat konten-konten dewasa sendiri itu seperti bom atom yang kapan saja bisa meledak. Seperti yang kita tahu belakangan, berita-berita tentang pelecehan, pembunuhan dan lain sebagainya. Salah satu faktor penyebabnya bisa jadi dari kebiasaan mengkonsumsi konten-konten dewasa tersebut.

Kalau ngomongin apakah pemerintah tidak peduli dan cuek dengan masalah ini, tentu saja salah. Salah satu program pemerintah untuk melindungi akhlak generasi muda dari bahaya konten internet bebas adalah dengan pencekalan dan pemblokiran beberapa situs yang dianggap tidak layak untuk dikonsumsi publik, khususnya bagi masyarakat Indonesia yang terkenal dengan kebudayaan ketimurannya.

lalu bagaimana dengan situs sharing video, Youtube?

Meskipun Youtube menerapkan aturan dilarang mengunggah video panas, tapi ada beberapa video yang memang diberi label ‘dewasa’ oleh pengunggahnya. Meskipun tidak full vulgar, tapi dampaknya cukup buruk kalau dikonsumsi oleh anak-anak di bawah umur. Khusus bagi pengguna smartphone Android, ada satu trik yang bisa diterapkan untuk mem-filter video Youtube di ponsel kita agar tidak menampilkan konten-konten yang berlabel dewasa. Karena saat ini, sebagian besar masyarakat menggunakan smartphone Android, dan seringkali anak-anak yang bahkan masih berusia balita pun sudah bisa mengoperasikan ponsel tersebut. Untuk itu perlu diperhatikan, konten apa saja sih yang layak dikonsumsi oleh mereka.

Cara Agar Anak Tidak Mudah Mengakses Video Dewasa di Youtube Android

Seperti yang sudah saya katakan tadi, kali ini saya akan share cara mem-filter video-video di Youtube, agar tidak menampilkan video ‘dewasa’.

1 . Dari ponsel Android anda, buka aplikasi Youtube. Di pojok kanan atas, ada icon tiga titik. Klik icon tersebut.

agar anak tidak mudah mengakses video dewasa

2. Setelah meng-klik icon tiga titik, kemudian akan muncul panel menu. Klik ‘Settings‘ dari dalam panel menu tersebut.

agar anak tidak mudah mengakses video dewasa

3. Setelah meng-klik menu settings, anda akan masuk ke halaman pengaturan aplikasi Youtube Android. Klik kembali menu ‘General’ untuk masuk ke pengaturan aplikasi Youtube.

agar anak tidak mudah mengakses video dewasa

4. Pada halaman pengaturan aplikasi Youtube Android, ada menu ‘Restricted Mode’. Saat anda mengaktifkan menu ini, maka semua video-video di Youtube yang berlabel ‘Dewasa’ tidak akan ditampilkan di ponsel anda.

agar anak tidak mudah mengakses video dewasa

Nah setelah fitur ‘Restricted Mode‘ dihidupkan, maka selamat, fitur filter video dewasa kini sudah aktif di aplikasi Youtube Android anda.

Fungsi fitur ‘Restricted Mode‘ ini sebenarnya hanyalah memfilter video-video yang diberi label ‘dewasa’ oleh pengunggahnya. Tapi bagaimana jika video yang diunggah tersebut tidak diberi label dewasa? Maka tidak akan berpengaruh apakah Restricted Mode diaktifkan atau tidak. Tapi percayalah, setidaknya dengan memanfaatkan fitur dari aplikasi Youtube Android tersebut, Youtube di ponsel anda akan bersih dari tampilan-tampilan yang tidak seronok. Karena media-media besar terutama yang dari luar negeri memperhatikan benar kelayakan tayangan bagi viewer-nya, setiap video yang dianggap tidak layak ditonton oleh anak-anak, akan diberi label dewasa.

Demikian info penting bagi orang tua agar anaknya tidak menonton tayangan-tayangan yang tidak semestinya dikonsumsi di internet, semoga bermanfaat.

You may also like...

2 comments

  1. Terima kasih banyak ya, Mas, ini penting sekali untuk diketahui oleh para orangtua.

    Elangg: iya kang, ngeri kalau nggak dikontrol, masalahnya anak saya juga ketagihan nge-yutube, harus dikontrol terus biar nggak salah jalan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *