7 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Kesuburan Pria

Ada beberapa pasangan suami-istri yang telah menikah namun masih belum juga diberi keturunan, hal tersebut mungkin akan membuat kita minder, sedih dan merasa seolah hidup ini sia-sia tanpa adanya anak/keturunan. Selain itu faktor dari lingkungan dan keluarga yang juga terkadang menanyakan “kapan punya momongan?” akan menjadi cambuk yang membuat pasutri bisa menjadi stres dan merasa gagal untuk membahagiakan keluarga, khususnya orang tua dengan memberikan cucu yang diidam-idamkan.

cara meningkatkan kesuburan pria
Sumber gambar: Liputan6

Ada banyak faktor yang mengakibatkan pasutri susah diberi keturunan walaupun berbagai macam cara sudah dicoba, salah satunya adalah jika suami memiliki benih yang kurang subur. Ada beberapa hal yang diperhatikan oleh pria untuk meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma, antara lain:

1. Jaga kesehatan tubuh, seperti kelelahan akan mempengaruhi kesuburan pria. Atau juga pada penderita diabetes, gagal ginjal dan penyakit jantung kronis. Biasanya pada penderita penyakit gula akan mengalami susah ereksi dan mempengaruhi tingkat kesuburan pria.

2. Salah satu cara agar hidup sehat, jauh dari kelelahan adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Berolah raga ringan seperti joging atau senam akan membuat tubuh fit dan jauh dari kelelahan. Jauhi olahraga seperti bersepeda karena diyakini akan mempengaruhi pada kesuburan sperma.

3. Makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, C dan E. Adapun beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan pria antara lain:

  • Jus jeruk banyak mengandung vitamin C yang cukup dibutuhkan oleh tubuh.
  • Daging sapi tanpa lemak mengandung banyak mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi sperma. Mineral dalam daging sapi tanpa lemak mampu menumbuhkan sperma dengan cepat dan berkualitas, selain itu juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka dan menjaga metabolisme protein.
  • Seledri adalah sayuran pelengkap yang mengandung vitamin A dan C yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat untuk mengatasi radikal bebas. Karena radikal bebas dapat menyerang dinding sperma dan sel telur.

4. Merokok dan minuman beralkohol memang adalah identik dengan pria. Kebiasaan ini ternyata sangat berpengaruh buruk untuk kesuburan dan kualitas sperma. Mulailah untuk berhenti merokok dan banyak mengonsumsi sayuran serta mengganti minuman beralkohol anda dengan jus segar.

5. Jangan menggunakan celana terlalu ketat, para ahli menyebutkan bahwa menggunakan celana yang terlalu ketat dapat memicu radang kandung kemih, infeksi jamur serta menurunkan kesuburan pada pria.Hasil penelitian di Indonesia menyebutkan bahwa kualitas sperma pria mengalami penurunan bila terlalu sering menggunakan celana jeans ketat. Hasi sperma yang biasanya 60 juta per mililiter, dapat turun drastis menjadi 20 juta per mililiter.

6. Jangan terlalu sering berendam di air panas karena bisa menurunkan produksi sperma dan memperlambat dalam proses pematangan. Produksi sperma akan bisa lebih banyak dan kuat untuk bertahan hidup dalam kondisi dingin.

7. Pada pagi hari sperma memiliki kualitas yang terbaik karena dalam kondisi suhu yang masih dingin, produksi sperma lebih banyak dan lebih kuat untuk bertahan hidup. Nggak ada salahnya jika lebih sering berhubungan pada pagi hari.

Itulah 7 hal yang harus diperhatikan untuk kesuburan pria, semoga bermanfat. Jangan lupa juga selain berusaha, selalu berdoa agar diberikan kelancaran untuk segera mendapat momongan. Semoga kita semua diberikan keturunan yang sehat, beriman dan barokah. Amin! 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *