6 Jurus Jitu Berjualan Online Lewat Blog

Online shop bisa dibilang pasar yang sedang ramai saat ini, karena selain mudah, online shop juga cukup efisien dari segi cost baik itu untuk pembeli maupun penjual. Itulah kenapa online shop bukan hanya menjamur, tapi juga melumut. Artinya bukan hanya puluhan, bisa dibilang ratusan atau bahkan mungkin ribuan online shop dari yang skala terkecil sampai mereka yang sudah memasarkan produknya hingga ke mancanegara, bertebaran di jagat internet.

jurus jitu berjualan online lewat blog
Mudahnya bertransaksi lewat online shop

Sebagai orang yang berbisnis lewat online shop, kamu harus tahu trik-trik apa saja sih yang harus dilakukan agar online shop-mu bisa tetap jaya, mampu bersaing dengan banyaknya online shop yang ada saat ini. Jadi nggak hanya melulu berjualan lewat broadcast ataupun sosial media yang skalanya masih di seputaran itu-itu saja. Saya akan membagikan 6 Jurus Jitu Berjualan Online Lewat Blog, yang mana insya Allah bisa diterapkan agar penjualanmu semakin meningkat.

1. Buatlah Blog yang Mobile Friendly

Sebagaimana kita tahu, teknologi telepon genggam kini tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi telepon atau SMS saja. Dengan mudahnya akses internet lewat telepon genggam/smartphone, kini peranan komputer atau laptop bahkan semakin tergantikan. Salah satunya adalah berselancar melalui internet kini bisa dilakukan lewat smartphone, termasuk salah satunya adalah mencari produk yang diinginkan melalui online shop. Menurut data yang saya ambil dari id.techinasia.com, masyarakat pengguna internet di Indonesia, 86%-nya adalah mengakses dari smartphone. Itulah kenapa mengoptimalkan tampilan blog/website agar mobile friendly sangatlah penting. Agar tampilan blog saat diakses melalui smartphone bisa dengan mudah dan nyaman dilihat. Terlebih saat ini Google mengutamakan web yang mobile friendly untuk diletakkan di tampilan teratas di search engine. Jadi dengan mengoptimalkan mobile friendly, pengunjung blogmu akan semakin meningkat dan betah berlama-lama melihat produk yang kamu jual.

2. Gunakan Self Domain Untuk Meningkatkan Kepercayaan Calon Konsumen

Blog berjualan online di jagat internet sangatlah banyak, saat calon pembeli mencari barang yang diinginkan, salah satu hal yang dianggap bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli adalah blog yang menggunakan domain pribadi (contoh self domain seperti blablabla.com, blablaba.net atau blablabla.id, bukan blablabla.blogspot.com, blablabla.wordpress.com dan sebagainya). Karena seperti yang kita tahu, semakin maraknya online shop, semakin memberi peluang juga bagi pihak-pihak tertentu untuk melakukan penipuan. Dengan menggunakan domain pribadi, minimal kita dipercaya karena kita serius mengolah blog tersebut. Karena untuk menggunakan domain pribadi tidaklah gratis, kita harus membeli domain/hosting dan memasangnya ke blog yang kita punya. Jadi bisa dibilang hampir semua blog online shop yang menggunakan domain pribadi bisa dipercaya.

*Catatan : Ada beberapa pihak yang melakukan penipuan dengan menggunakan domain pribadi gratisan seperti .tk, .co.vu, .cf dan sebagainya. Bisa dicek di Google apa saja nama-nama domain gratisan.

3. Gunakan Navigasi yang Lengkap dan Memudahkan Pengunjung

Navigasi adalah kata lain dari deretan menu yang ada di blog/website. Seperti menu Beranda, Katalog, Info Produk, Kontak, Cara Pembayaran dan sebagainya haruslah mudah untuk diakses. Bukan tersembunyi atau susah diklik karena kurang pengoptimalan dalam memasang navigasi blog. Hal ini agar calon pembeli yang mengunjungi blogmu bisa dengan mudah mendapatkan bermacam informasi yang tertata rapi lewat navigasi di blog online shop-mu.

4. Berikan Informasi yang Lengkap Mengenai Produk Ataupun Kontak Penjual

Kalau kamu menggunakan blog untuk menjual produkmu, tentu hal yang paling penting adalah informasi tentang produk tersebut, dan juga contact person yang bisa dihubungi untuk memesan produk. Tulis selengkap-lengkapnya tentang ukuran, bahan yang digunakan, cara penggunaan, harga dan apapun itu yang dirasa dibutuhkan oleh calon pembeli agar mereka yakin dengan produk yang kamu punya. Selain itu juga untuk mencegah agar pembeli tidak kecewa saat menerima barang karena kurangnya informasi, sehingga barang tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bukankah kita berjualan tidak hanya agar barang tersebut laku terjual, tapi juga bagaimana agar pembeli merasa puas sehingga mereka mau membeli kembali di online shop mu, atau bahkan mereka mau merekomendasikan online shop-mu ke teman-temannya.

Selain info barang, contact person-mu juga nggak kalah penting, agar ketika calon pembeli sudah cocok dengan barang tersebut bisa langsung menghubungi kamu untuk bertransaksi.

5. Gunakan Trik SEO Melalui Copywriting Untuk Menarik Pengunjung

Share di media sosial atau broadcast saja kurang cukup, salah satu kelebihan blog untuk berjualan online adalah bisa menarik pengunjung dari search engine. Kok bisa?

Yap, percaya atau tidak, dengan menerapkan trik SEO (search engine optimization) kita bisa mendapatkan pengunjung organik dari search engine (SE) setiap hari. Ada jutaan manusia mencari informasi melalui search engine, baik itu SE dari Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Gunakan kemampuan copywriting (menulis artikel) di blog online shop-mu, dengan keyword (kata kunci) tertentu, dijamin akan ada pengunjung yang mengakses blogmu. Semakin banyak artikel yang kamu buat, semakin berpeluang pula blogmu dikunjungi banyak orang. Tapi ingat, gunakan kata kunci yang tertarget agar blog mu tidak hanya ramai pengunjung, tapi juga ramai orang yang mau membeli. Artinya, kalau blog kamu adalah untuk berjualan baju, tas, sepatu dan bermacam aksesoris, buatlah artikel tentang fashion dan trend.

Kalau kamu tidak mempunyai kemampuan untuk menulis artikel, jangan kuatir karena sekarang banyak orang yang menawarkan jasa penulisan artikel. Atau bisa juga menghubungi saya, dengan harga yang terjangkau tentunya, xoxo (numpang promo). 😀

6. Jangan Lupa Untuk Meminta Testimoni Dari Pembeli yang Merasa Puas

Salah satu senjata yang kerap digunakan online shop untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli adalah dengan menunjukkan testimoni dari orang-orang yang sudah merasa puas dengan pelayananmu. Baik itu testimoni berupa screenshot percakapan di handphone, maupun foto mereka menggunakan produkmu. Semakin banyak testimoni positif dari pembeli, maka semakin orang akan percaya dengan online shop-mu. Tentunya harus dibarengi dengan pelayanan yang terbaik, serta upaya untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi. Semoga online shop yang kamu buat semakin jaya dan tumbuh besar.

Itulah 6 Jurus Jitu Berjualan Online Lewat Blog yang bisa saya bagi hari ini. Semoga bisa sangat bermanfaat, dan jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di elangg.com. Terima kasih! 🙂

You may also like...

One comment

  1. Sepakat. apalagi untuk website dengan self domain. pengalaman saya selama ini emang pembeli lebih percaya kalo kita pake self domain, ya bisa dibilang kita bener2 niat untuk jualan online

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *