5 Cara Mengatasi Mengantuk Saat Menyetir

Mengantuk dalam keadaan menyetir adalah hal yang kerap kali terjadi terutama pada mereka yang sering menyetir dalam jarak jauh, ataupun saat menyetir pada malam hari. Hal ini sebaiknya dihindari karena sangat beresiko untuk terjadinya kecelakaan baik itu kecelakaan kecil/ringan maupun kecelakaan besar. Jangan pernah remehkan mengantuk saat menyetir!

Namun sebagaimanapun kita berusaha untuk tidak mengantuk saat menyetir, kadang kali ada saja saat dimana kondisi kita benar-benar tidak bisa dikontrol. Sudah berusaha untuk melek namun tetap saja mata susah untuk dibuka. So, ada baiknya cek dulu beberapa tips cara mengatasi mengantuk saat menyetirĀ versi Elangg.com. šŸ˜€

tips tidak mengantuk dalam menyetir
Hati-hati mengantuk saat menyetir

1. Ketika Akan Melakukan Perjalanan Jauh, Ada Baiknya Persiapkan Dulu Dari Rumah

Kondisi ini adalah saat sebelum berangkat, dan kita merencanakan untuk melakukanĀ long trip. Persiapkan segala sesuatunya, termasuk persiapan antisipasi kalau suatu saat kita mengantuk dalam perjalanan. Hal pertama yang paling wajib dilakukan adalah berdoa. Usahakan kondisi tubuh anda dalam keadaan fit, beristirahat cukup, makan dan minum yang tidak berlebihan. Karena kondisi perut yang terlalu kenyang, biasanya justru bisa membuat kita malah jadi mengantuk. Kemudian untuk mengantisipasi mengantuk dalam perjalanan bisa dengan mempersiapkan cemilan ringan, ataupun minuman untuk mencegah dehidrasi selama menyetir. Kalau menyetir sendirian, kondisikan cemilan atau minuman tersebut di tempat dan kondisi yang mudah dijangkau. Agar konsentrasi dalam menyetir tetap terjaga. Bagi beberapa orang, minum kopi sebelum berangkat juga bisa mencegah mengantuk selama dalam perjalanan.

2. Mengobrol Dengan Seseorang di Samping Kita Juga Bisa Mengatasi Mengantuk

Ketika sedang perjalanan jauh, dan ada teman berkendara. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kantuk dalam menyetir. Utarakan bahwa anda butuh teman bicara untuk tetap terjaga, hal-hal menarik yang menjadi bahan pembicaraan biasanya merangsang untuk kita tetap melek dan menghilangkan kantuk. Ataupun pembicaraan yang bisa membuat tertawa, seperti membicarakan hal yang lucu biasanya efektif untuk membuat kita tetap melek. Namun yang perlu diingat adalah, konsentrasi ke jalan tetap harus selalu diperhatikan.

3. Ngemil Snack atau Mendengarkan Musik Up BeatĀ Juga Bisa Membuat Melek

Mintalah cemilan ringan seperti kacang atau keripik kepada kerabat yang sedang bersama anda di dalam mobil. Karena biasanya cemilan, terutama yang garing cukup efektif mencegah kantuk saat menyetir. Kalau anda menyetir sendirian, usahakan sebelum melakukan perjalanan mengkondisikan cemilan yang anda bawa dalam posisi yang mudah dijangkau dan nggak mengganggu konsentrasi anda. Kalaupun harus menepi terlebih dahulu, lakukanlah untuk menyiapkan cemilan tersebut. Karena kehilangan konsentrasi hanya untuk membuka bungkusĀ snack justru sangat beresiko terhadap keselamatan anda.

Menyalakan musik yangĀ up beat atau musik keras seperti rock atau disko, juga bisa loh menjaga mata tetap terjaga.

4. Menepi Sejenak, Berjalan-Jalan dan Menghirup Udara Segar

Terlalu lama duduk dan terkena AC mobil, bisa juga membuat kondisi tubuh kita menjadi kurang fit. Ada baiknya kalau anda merasakan lelah dan mengantuk, menepi sebentar di tempat yang aman, lalu berjalan kaki dan menghirup udara segar bisa membuat tubuh fit kembali. Lakukan gerakan seperti pemanasan sebelum berolah raga. Buat mata anda menjadi segar kembali. Beberapa penelitian menyebutkan, mencuci tangan dengan air segar juga bisa membuat mata melek loh. Setelah dirasa tubuh kembali fit, lanjutkan perjalanan kembali.

5. Tidur Sebentar diĀ Rest Area

Jika kondisi benar-benar tidak memungkinkan untuk terus melakukan perjalanan, ada baiknya anda segera mencariĀ rest area yang biasanya banyak tersedia di area jalan tol, ataupun di beberapa pom bensin. Atau mencari tempat yang dirasa benar-benar aman untuk mengistirahatkan sejenak tubuh anda. Tidur sebentar antara 30 menit sampai satu jam dirasa cukup efektif untuk menjaga anda agar tidak mengantuk saat melanjutkan perjalanan. Seperti salah satuĀ tagline dalamĀ safety riding :

“Lebih baik terlambat lima menit, daripada anda masuk rumah sakit”

 

Nah, itulah beberapa tips cara mengatasi mengantuk dalam menyetir. Semoga bermanfaat dan kita yang sedang melakukan perjalanan selalu diberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan sehingga bisa tetap berkumpul lagi bersama orang-orang yang kita sayang.

You may also like...

3 comments

  1. Kopi! Kayaknya cuma itu yang bisa ngatasi ketika saya mengantuk ketika nyetir~ Atau kalau emang udah capek, ya istirahat dan tidur sebentar šŸ˜€

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *