5 Cara Memaksimalkan Waktu Untuk Membaca Buku

Kita suka membaca buku, tapi tidak punya cukup waktu untuk benar-benar intens untuk membaca satu buku penuh. Yah, biar bagaimanapun kesibukan kita entah sebagai seorang pekerja ataupun pelajar/mahasiswa itu adalah yang utama, namun tidak bisa dipungkiri kegemaran membaca selain banyak memberi manfaat juga bisa menghilangkan stres. Untuk itu ada beberapa cara untuk memaksimalkan waktu kita untuk membaca buku di sela-sela kesibukan. Mau tahu? Simak liputan Om El berikut ini!

5 cara memaksimalkan waktu unuk membaca buku
Source: photography.lovetoknow


1. Membawa Buku Kemanapun Kita Pergi

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan waktu membaca adalah dengan membawa buku kemanapun kita pergi. Mungkin ada beberapa waktu senggang yang dapat kita manfaatkan untuk melanjutkan membaca buku, seperti waktu makan siang misalnya. Sambil menikmati santapan makan siang kita, ditemani buku juga cukup menyenangkan.

2. Membaca Buku Sebelum Tidur

cara memaksimalkan waktu membaca buku
Source: bestuff

Waktu sebelum tidur adalah waktu yang paling tenang dan rilex, sempatkan waktu beberapa menit untuk membaca buku. Bagi beberapa orang, membaca buku sebelum tidur adalah salah satu cara untuk menenangkan pikiran, jika kita tidur dengan pikiran yang tenang dan rilex, pasti saat bangun tidur badan kita akan terasa jauh lebih segar.

3. Membaca Saat di Jalan

Bagi yang biasa berpergian dengan menggunakan kendaraan umum atau sering menjadi penumpang, seperti saat tugas keluar menggunakan mobil kantor yang diantar oleh supir perusahaan. Membaca selagi dalam perjalanan bisa jadi salah satu alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk membaca buku. Bisa juga waktu transit saat berpergian dengan pesawat, sambil menunggu pesawat berikutnya, kita bisa memanfaatkan waktu untuk membaca selagi di bandara.

4. Hunting Buku Online

Mungkin salah satu alasan kita jarang ada waktu untuk membaca buku adalah karena nggak sempatnya kita memilih buku di toko buku. Yap, toko buku online bisa jadi salah satu alternatif, tinggal ketikkan keyword buku yang ingin kita cari. Misal kita suka membaca buku fiksi, dengan mengetikkan atau memilih kategori buku fiksi di toko buku online maka akan ada banyak pilihan sehingga kita bisa lebih mudah untuk memilih buku apa yang akan kita baca.

5. Mengorbankan Jadwal Lain

Jika kita benar-benar nggak bisa melakukan seperti yang saya jabarkan di empat poin di atas, maka alternatif paling akhir adalah dengan mengorbankan waktu lain. Misalkan weekend saat liburan, persiapkan satu hari tersebut untuk meluangkan waktu lebih untuk membaca buku. Misalkan biasanya tiap weekend kita hangout dengan teman atau pasangan, bicaralah dengan mereka, mintalah untuk ‘libur’ sementara untuk melahap bacaan-bacaan yang sangat ingin kita selesaikan. Mungkin akan menjadi satu alternatif yan lebih baik.

Membaca itu seperti melihat dunia di satu tempat, ada banyak informasi ataupun pengetehuan baru dengan membaca. Untuk itu sempatkanlah membaca walaupun dalam waktu yang sangat sempit, asah pikiran kita dengan hal-hal baru yang akan menambah luas wawasan kita. Terima kasih sudah membaca 5 cara memaksimalkan waktu untuk membaca buku, baca juga Tips Agar Tidak Terlambat Kerja Karena Macet. Semoga bermanfaat!

You may also like...

One comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *