4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Reksadana

Reksadana merupakan salah satu pilihan investasi yang sangat diminati masyarakat modern. Karena kini kita tidak harus memiliki uang banyak untuk memulai investasi reksadana. Kita dapat memulai investasi ini dengan uang sejumlah ratusan ribu rupiah.

reksadana
Image: Pexels

Meskipun prosedurnya semakin mudah dan modalnya semakin terjangkau, bukan berarti kita boleh sembarangan ketika akan berinvestasi di bidang yang satu ini. Sebelum , alangkah lebih baik jika kita sudah memahami 4 hal penting ini :

Peluang Keuntungan yang Bisa Diperoleh

Tujuan berinvestasi adalah mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh sebab itu, sebaiknya kita mencermati perkiraan keuntungan dari tiap jenis reksadana yang akan kita miliki. Keuntungan maksimal bukanlah keuntungan yang hanya unggul pada satu periode saja. Karena kita membutuhkan jenis investasi yang bisa memberikan keuntungan secara konstan. Konsistensi keuntungan dalam jangka panjang adalah ciri reksadana yang dapat diandalkan.

Jangan Lupa Mempertimbangkan Risiko

Jangan hanya memikirkan keuntungan yang bisa diperoleh dari reksadana. Karena jenis investasi yang satu ini juga memiliki risiko. Semakin besar keuntungan yang bisa diperoleh, biasanya semakin besar pula risiko investasinya. Alangkah lebih baik jika kita membandingkan risiko suatu produk reksadana dengan produk sejenis. Agar kita bisa memilih jenis reksadana yang risikonya lebih kecil dibandingkan produk reksadana lainnya.

Dana Kelolaan Reksadana

Dana kelolaan reksadana juga dikenal dengan sebutan AUM (Asset Under Management). Biaya kelolaan dapat didefinisikan sebagai jumlah keseluruhan dana yang dipercayakan investor dan telah ditambah dengan hasil pengembangannya. Perkembangan dana kelolaan dapat menjadi salah satu indikator tentang mampu tidaknya sebuah reksadana bertahan dalam jangka panjang.

Biaya Investasi Reksadana

Proses pengelolaan reksadana tentu membutuhkan biaya investasi. Sebab perusahaan manajer investasi perlu melakukan banyak hal yang berkaitan dengan pengembangan pengelolaan investasi. Biasanya pihak investor tidak mempersoalkan biaya investasi asalkan kualitas pelayanannya sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Memahami 4 hal penting seputar tersebut akan membuat kita lebih cermat menentukan produk reksadana yang tepat. Pelajari lagi berbagai referensi soal produk reksadana sebelum menentukan pilihan terbaik sesuai kemampuan dan kebutuhan kita.

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *