3 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja seringkali menjadi momok bagi mereka yang masih baru atau bahkan belum pernah sama sekali melakukannya. Tidak ada alasan untuk merasa nggak sanggup atau mundur sebelum berperang. Sayang sekali kalau kesempatan yang sebenarnya bisa kita dapat, menjadi terbuang sia-sia hanya karena perasaan takut atau minder untuk melakukan wawancara kerja. Berikut ini 3 hal yang wajib diperhatikan saat wawancara kerja.

tips wawancara kerja
Sumber gambar: Endevorscientific

1. Berpenampilan rapi dan berbicara profesional

Berpenampilan rapi seperti memakai pakaian yang nggak berantakan, rambut disisir nggak gondrong, terkadang memakai wewangian juga bisa menambah nilai positif. Selain itu berbicara dengan tegas, menjawab pertanyaan tanpa ragu-ragu. Kalau memang belum menguasai beberapa poin yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut, yakinkanlah bahwa kita bisa mempelajari dan menguasai poin tersebut dalam waktu secepat mungkin. Kenali diri kita, kemampuan apa saja yang kita punya yang mungkin bisa menambah value untuk kita tawarkan kepada pihak yang ingin merekrut kita.

2. Bersikap Tenang

Untuk bisa melakukan wawancara kerja dengan sempurna, bersikap tenang dan tidak panik atau grogi adalah kuncinya. Mungkin sebelum melakukan wawancara, berlatih terlebih dahulu di depan cermin, bagaimana cara bersikap, cara bicara, kendalikan rasa takut dan minder. Karena kalau kita yakin atas pekerjaan yang akan kita ambil, itu artinya kita punya kemampuan di bidang tersebut. Sayang sekali kalau kita kehilangan kesempatan bekerja hanya karena salah bicara karena grogi.

3. Menjaga perilaku

Poin yang terakhir adalah menjaga sikap dan perilaku kita saat wawancara kerja. Bersikap sopan, tidak kasar, tidak memotong pembicaraan, memandang mata pewawancara saat berbicara, tetap bersikap hormat. Jangan pernah sekali-kali melakukan wawancara kerja sambil makan permen karet ataupun sambil memasang earphone dari handphone. Jangan pernah juga sekali-kali menjelekkan atau menghina perusahaan lain tempat anda dulu bekerja, karena hal tersebut bisa membuat imej anda jelek.

Itulah 3 hal yang wajib diperhatikan saat wawancara, sebelum memulai pastikan berdoa terlebih dahulu agar diberikan kelancaran dan anda bisa meraih kesuksesan di bidang yang ingin anda tekuni. Selain itu, jangan lupa juga membaca Tips Agar Bisa Bangun Pagi. Terima kasih sudah mampir! 😀

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *