3 Bisnis Tepat Berbasis Internet

Hey, ini sudah 2016. Rasanya kalau cupu banget hari gini nggak kenal sama yang namanya internet. Benda tak berwujud, yang seringkali disebut sebagai ‘makhluk maya’ ini sudah menjadi candu yang nggak akan bisa ditinggalkan, kecuali Bumi ditabrak oleh meteor sebesar planet Mars dan menggelinding menghancurkan semua materi pendukung teknologi. Kemudian manusia kembali menjadi makhluk pribumi, tinggal di gua. Internet adalah era, dimana perkembangannya justru akan semakin meningkat dari tahun ke tahun, termasuk salah satunya adalah melihat peluang di sini untuk mendapatkan bisnis yang bagus.

Kali ini saya akan berbagi sedikit tentang 3 bisnis tepat berbasis internet. Kenapa harus internet? Seperti yang saya katakan tadi, internet sudah bukan lagi trend atau gaya hidup, tapi sudah menyatu dengan hidup. Rasanya belum hidup kalau internet nggak hidup. Dibalik penggunaan internet yang begitu kerapnya, tentu ada peluang yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis. Coba kita ulas tiga peluang di antaranya.

bisnis tepat berbasis internet

1. Toko Online

Kalau biasanya orang berbondong-bondong ke mall atau pusat perbelanjaan, di era internet semua bisa dilakukan hanya dengan satu jari –dan dengan bantuan jari lainnya untuk pegang gadget-. Mau pakai desktop PC, laptop ataupun smartphone, semua bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Tinggal pilih, transfer uangnya, tunggu barangnya nyampe di rumah. Selain itu, dengan bantuan search engine mau cari produk apapun bisa ditemukan lewat internet. Karena pada saat ini apa saja bisa dijual di internet, APAPUN DIJUAL DI INTERNET.

*Maaf sengaja di Caps-Lock biar lebih meyakinkan

Meskipun saat ini ada banyak sekali toko online bertebaran di jagad internet, rasanya peluang masih sangat terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin membuka kesempatan berjualan. Masing-masing orang pasti punya pasarnya sendiri, kalau diseriusin dan tekun pasti bisa berhasil di bisnis ini.

Selain menjual produk, toko online juga sah-sah saja kok kalau membuka bisnis jasa. Misalnya punya toko listrik dan jasa perbaikan listrik rumah. Atau membuka jasa laundry antar-jemput via online, hal ini bisa dilakukan di satu lokasi yang memungkinkan untuk antar jemput pakaian. Yah, namanya orang kalau mau jalan ke tempat laundry sambil bawa pakaian kotor kan kadang males. Di situlah peluang yang bisa dimanfaatkan, tinggal sebutin saja harga delivery-nya. Atau mau digratisin juga silakan.

2. Web Developer

Ngomongin soal bisnis online, pasti ada satu media penting yang sepertinya wajib untuk dimiliki semua pelaku bisnis ini. namanya adalah WEBSITE. Mau pasang galery atau katalog di media sosial atau e-market place yang lagi ngetrend manapun, rasanya akan kurang maksimal kalau belum memiliki website. Kenapa begitu? Yah karena website itulah identitas kita sebagai ‘brand‘ yang bisa kita kenalkan ke semua lapisan masyarakat. Kalau kita cuman punya nama, misal “Superman Olshop”, lalu ketika orang pengen tahu lebih tentang jualan kita, kemana lagi kalau nggak diarahkan ke website. Menggunakan akun di sosial media seperti Instagram sih boleh-boleh saja, tapi hal ini nggak akan efisien. Penataannya nggak teratur, galeri terbatas banget, informasi kurang maksimal. Beda kalau kita menggunakan website.

  1. Website bisa jadi identitas dari usaha yang kita miliki
  2. Interface di website lebih terarsip, bisa dibagi menjadi beberapa kategori. Dengan beberapa menu navigasi, akan memudahkan pengunjung untuk mencari jenis produk yang mereka ingin cari. Misal di toko online fashion, kalau mau cari celana tinggal klik menu navigasi ‘celana’, maka semua produk celana di toko itu akan keluar
  3. Ramah SEO, artinya website kita mudah sekali ditemukan orang melalui search engine, kalau di sosial media nggak akan bisa
  4. Ada widget yang bisa ditambahkan sebagai pendukung, seperti kontak, aplikasi chatting, plugin SEO, sampai mau pasang iklan juga bisa
  5. dll
  6. dll
  7. dl

Banyak deh keuntungan bisnis online kalau pakai website. Lah, terus siapa dong yang bisa bikin website? Ya siapa lagi kalau bukan Web Developer. Jadi seorang web developer saat ini adalah bisnis yang sangat potensial, setiap harinya ada banyak sekali orang yang kepengen membuat website baru. Cuman untuk menjadi seorang web developer profesional sih nggak mudah dan butuh waktu untuk belajar. Soalnya seorang web developer harus menguasai beberapa bahasa pemrograman. Atau kalau mau bikin website yang sederhana sebenarnya bisa menggunakan CMS WordPress, untuk template-nya tinggal unduh gratis banyak kok. Untuk tutorialnya, cari saja di internet. kalau sudah menguasai membuat website tanpa koding, bisa juga memanfaatkan hal tersebut untuk klien-klien yang pengen dibuatkan website sederhana. Jadi seorang web developer deh! 🙂

3.  Media Online

Ada pengusaha online, ada customer. Untuk bisa mempertemukan keduanya dibutuhkan ‘media’, entah itu dalam bentuk blog/website, sosial media, video streaming dan lain-lain. Media tersebut kemudian disebut dengan ‘Media Online’. Mereka yang menjalankan bisnis media online adalah orang-orang dengan kemampuan influence yang tinggi. Artinya mereka mempunyai sesuatu yang menarik, baik itu dalam bentuk hiburan ataupun portal informasi,  yang kemudian dicari oleh pengguna internet. Ketika sebuah media mampu menarik banyak follower, maka akan banyak produk yang masuk untuk jadi sponsor.

Sebut saja seperti travel blogger, portal berita dan informasi, Youtuber, selebtwit, Instragamer, dan lain-lain. Mereka yang mampu membuat konten unik dan menarik yang akan disukai banyak orang, akan dipercaya sponsor untuk memasarkan produknya dengan cara mereka masing-masing.

 

Itulah Tiga Jenis Bisnis Berbasis Internet yang sedang populer, terima kasih sudah mampir di elangg.com. 🙂

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *