10 Tanaman Yang Berkhasiat Untuk Menyembuhkan Jerawat

Jerawat? Wah, nggak banget nih. Buat remaja pastinya, muka berjerawat adalah hal yang nggak mengenakkan banget. Jadi nggak pede dan merasa terkucilkan. Jerawat itu bahkan menjadi momok bagi para remaja yang sedang tumbuh dan tentu saja ingin selalu mempunyai penampilan yang menarik, salah satunya adalah dengan tidak berjerawat.

tanaman berkhasiat menyembuhkan jerawat
Photo from: Clearskinstudy

Lalu bagaimana jika jerawat memang muncul di wajah kita? Yes, jangan kuatir! Berikut ini adalah daftar 10 tanaman yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara alami.

1. Lidah Buaya / Aloe Vera

Pasti banyak diantara kita yang sudah mengetahui tanaman lidah buaya. Tanaman tidak berdaun yang berwarna hijau dan berduri di pinggirannya ini ternyata selain bagus untuk kesehatan rambut, juga bisa untuk mengobati jerawat loh. Caranya sangat mudah, cukup kupas kulit luarnya, oleskan lidah buaya yang sudah dikupas tadi ke bagian tumbuhnya jerawat. Gunakan sehari 1-2 kali sampai jerawat mengering dan sembuh.

2. Tomat

Penggunaan tomat untuk mengobati jerawat juga cukup mudah. Iris tomat tipis-tipis, lalu tempelkan ke wajah yang berjerawat. Lakukan sehari 1-2 kali hingga jerawat sembuh.

3. Mentimun

Kaya akan astringent yang bagus untuk dijadikan tonik bagi kulit wajah yang berminyak. Parut mentimun sampai halus, lalu gunakan sebagai masker. Lakukan 1-2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

4. Belimbing

Siapa yang nggak tahu buah belimbing. Buah yang kaya akan vitamin C ini juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat loh. Haluskan buah belimbing dengan cara ditumbuk atau di blender, tambahkan sedikit air garam lalu oleskan pada bagian yang berjerawat 2-3 kali sehari.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki bahan antiseptik alami sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat penghilang jerawat. Ada dua cara, pertama dengan memakan bawang putih. Apabila nggak suka dengan bau bawang putih, cara kedua adalah dengan cara dihaluskan lalu dioleskan pada bagian yang berjerawat. Setelah selesai, bilas dengan air hangat.

6. Daun Pepaya

Untuk menggunakan daun pepaya sebagai masker untuk jerawat, terlebih dahulu daun pepaya harus dikeringkan dengan cara dijemur terlebih dahulu. Kemudian tambahkan sedikit air (sekitar 1-2 sendok makan), gunakan sebagai masker. Bilas hingga bersih setelah pemakaian sekitar 10 menit.

7. Asam Jawa

Asam Jawa juga sering digunakan untuk mengobati bisul, karena kandungannya yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan juga sebagai antiseptik. Campur buah asam Jawa yang sudah dibuang bijinya dengan setengah sendok teh garam. Oleskan pada bagian yang berjerawat, bersihkan dan ulangi 2-3 kali sehari.

8. Daun Sirih

Juga mengandung bahan antiseptik alami, sehingga mampu untuk dijadikan obat penghilang jerawat. Tumbuk daun sirih sampai halus, oleskan pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Awas jangan sampai terkena mata karena bisa menyebabkan mata perih meskipun nggak berbahaya.

9. Jeruk Nipis

Campur jeruk nipis dengan madu, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

10. Kunyit

Tumbuk halus kunyit, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Namun cara dengan menggunakan kunyit ini kurang diminati orang karena bekas kuning yang disebabkan akan susah hilang. Boleh dicoba jika liburan atau sedang nggak keluar rumah sama sekali selama beberapa hari. 🙂

Itulah daftar 10 Tanaman yang berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat, semoga bermanfaat!

You may also like...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *